Blog Dunia Pendidikan

Contoh Makalah Administrasi Pendidikan Tentang Pengertian, Peranan dan Fungsi Administrasi Pendidikan Bagi Kinerja Guru (Bab I)

BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
               Pengertian Administrasi Pendidikan dapat ditinjau dari berbagai aspek dijelaskan oleh soetjipto dan kosasi  (2007:119) dan diuraikan menurut penulis adalah sebagai berikut:
                Administrasi pendidikan mempunyai pengertian kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan. pada tingkat sekolah , sebagai salah satu bentuk kerja sama dengan pendidikan terdapat tujuan sekolah. Untuk mencapai tujuan di pendidikan di sekolah itu diperlukan kerja sama di antara semua personel sekolah (guru, murid, kepala sekolah, staf tata usaha) dan orang di luar sekolah yang ada kaitannya dengan sekolah (orang tua, dokter, puskesmas, Dinas Pendidikan, masyarakat yang mempunyai perhatian dan peranan dalam bidang pendidikan). Kerja sama untuk mencapai suatu tujuan pendidikan dengan berbagai aspek ini dapat dipandang sebagai administrasi pendidikan.
               Administrasi pendidikan mengandung pengertian proses untuk mencapai tujuan pendidikan.
Proses itu dimulai dari perencanaan , pengorganisasian, pengkordinasian, pengarahan, pemantauan dan penilaian . Perencanaan meliputi kegiatan penetapkan apa yang dicapai, dan mencapainya   berapa lama, berapa orang yang diperlukan, dan berapa banyak biayanya. Perencanaan ini dibuat sebelum suatu tindakan dilaksanakan pengorganisasian adalah kegiatan membagi tugas kepada orang yang terlibat dalam kerja sama pendidikan.
              Administrasi pengertian sehari-hari sering disamakan dengan tata usaha, yaitu berupa kegiatan mencatat , mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.
              
B.  Rumusan Masalah
Penulis membagi penulisan dalam makalah ini untuk menghindari ketidak jelasan dalam makalah ini hanya dibatasi pembahasan meliputi:
               1. Apa saja yang dikemukakan para ahli mengenai administrasi  pendidkan ?
               2. Apa saja fungsi administrasi pendidikan ?
               3. Bagaimana Peranan Administrasi Pendidikan bagi kinerja guru?
              
C.   Tujuan   
Tujuan dibuatnya  makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Administrasi pendidikan dan juga kita dapat bisa memahami tentang definisi administrasi pendidikan dan apa saja yang manfaat dan juga peranan administrasi pendidikan bagi kinerja guru itu sendidri sehingga kita bisa lebih memahami dan mengerti betapa pentingnya administrasi bagi seorang guru untuk untuk menunjang sebagai bahan pembelajaran supaya bisa terarah dengan baik .
Penulis berharap kepada semua pihak bisa lebih memahami betapa pentingnya administrasi pendidikan ini khususnya bagi kinerja guru, semoga saja apa yang jadi kekurangan penulis apabila dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan mohaon maaf sebesar-besarnya.

Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Administrasi Pendidikan Tentang Pengertian, Peranan dan Fungsi Administrasi Pendidikan Bagi Kinerja Guru (Bab I)"

Back To Top