UNTUK
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
PADA
PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
( Penelitian
Tindakan Kelas pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan
di Kelas IV SD
Negeri I Sindangkasih Kecamatan Sindangkasih
Kabupaten Ciamis
)
ABSTRAK
Penelitian
ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran matematika di kelas
IV Sekolah Dasar, untuk mengatasinya peneliti melakukan pembelajaran dengan
menggunakan alat peraga uang monopoli dalam pembelajaran matematika tentang
operasi hitung bilangan.
Penelitian ini menggunakan Metode
Penelitian Tindakan Kelas Model Spiral Kemmis dan Mc Targgart sebanyak dua
siklus, pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di Kelas IV Sekolah
Dasar Negeri I Sindangkasih Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis.
Masing-masing siklus terdapat empat fase tahapan kegiatan yaitu : 1.
Perencanaan penelitian, 2. Pelaksanaan tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi.
Perencanaan pembelajaran disusun
dengan tahapan: Memilih dan menyediakan bahan ajar, Menganalisis standar
komptensi, Komptensi dasar, Hasil belajar, Dan Indikator pembelajaran
matematika yang disampaikan kepada peserta didik, menyusun rencana
pembelajaran, menentukan alat pembelajaran yang akan digunakan pada proses
pembelajaran, setiap siklus dilakasanakan melalui tiga tahapan yaitu : Kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penerapan model pembelajaran dengan mengguanakan alat peraga uang
monopoli dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran
hal ini ditandai dengan perolehan nilai rata-rata siklus satu 68,75 hingga
siklus dua nilai rata-rata 84,38 berdasarkan hasil tersebut penerapan
penggunaan alat peraga uang monopoli dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga
nilai yang diperoleh mencapai KKM yang ditentukan.
Tag :
SKRIPSI
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Penggunaan Alat Peraga Uang Monopoli Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika"