Blog Dunia Pendidikan

Contoh Abstrak Penggunaan Alat Peraga Uang Monopoli Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika



PENGGUNAAN ALAT PERAGA UANG MONOPOLI
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
PADA PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

( Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan
di Kelas IV SD Negeri I Sindangkasih Kecamatan Sindangkasih
Kabupaten Ciamis )

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengatasinya peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga uang monopoli dalam pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan.
            Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas Model Spiral Kemmis dan Mc Targgart sebanyak dua siklus, pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Sindangkasih Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Masing-masing siklus terdapat empat fase tahapan kegiatan yaitu : 1. Perencanaan penelitian, 2. Pelaksanaan tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi.
            Perencanaan pembelajaran disusun dengan tahapan: Memilih dan menyediakan bahan ajar, Menganalisis standar komptensi, Komptensi dasar, Hasil belajar, Dan Indikator pembelajaran matematika yang disampaikan kepada peserta didik, menyusun rencana pembelajaran, menentukan alat pembelajaran yang akan digunakan pada proses pembelajaran, setiap siklus dilakasanakan melalui tiga tahapan yaitu : Kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan mengguanakan alat peraga uang monopoli dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran hal ini ditandai dengan perolehan nilai rata-rata siklus satu 68,75 hingga siklus dua nilai rata-rata 84,38 berdasarkan hasil tersebut penerapan penggunaan alat peraga uang monopoli dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga nilai yang diperoleh mencapai KKM yang ditentukan.
Tag : SKRIPSI
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Penggunaan Alat Peraga Uang Monopoli Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika"

Back To Top