Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BANGSA BAB I

BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Sesungguhnya amar ma’ruf nahi munkar merupakan salah satu syi’ar Islam yang agung. Banyak ayat-ayat Al-qur’an maupun hadits yang menunjukkan hal itu, diantaranya adalah ayat 104 dan 110 dari surat Ali-Imron. Kedua ayat ini sering sekali dijadikan landasan oleh para da’i ketika membicarakan tentang amar ma’ruf nahi munkar. Secara terminologi, amar ma’ruf nahi munkar bisa diartikan memerintahkan kebaikan dan mencegah kemunkaran. Ma’ruf itu sendiri diartikan sebagai segala perbuatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah, dan munkar adalah segala perbuatan yang menjauhkan diri dari Allah. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengartikan dan mengucapkannya, tetapi cukup berat untuk menjalankannya. Amar ma’ruf nahi munkar merupakan satu rangkaian tugas yang harus dijalankan seorang muslim dalam menjalani setiap episode kehidupannya. Tidak bisa dipisah-pisahkan, seperti hanya beramar ma’ruf dan mengabaikan nahi munkar, atau sebaliknya, hanya menjalankan nahi munkar dan meninggalkan amar ma’ruf.
Allah berfirman dalam surat Ali ‘Imran ayat 110: yang Artinya: “kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”
Agama Islam adalah agama yang sangat memperhatikan penegakan Amar Ma’ruf dan Nahyi Munkar. Amar Ma’ruf dan Nahyi Munkar, merupakan  pilar dasar  dari pilar-pilar akhlak yang  mulia lagi agung. Kewajiban menegakkan kedua hal itu adalah merupakan hal yang sangat penting dan tidak  bisa ditawar  bagi siapa saja yang mempunyai kekutan dan kemampuan melakukan sesungguhnya diantara peran-peran terpenting dan sebaik-baiknya amalan yang mendekatkan diri kepada Allah adalah saling mengarahkan kearah kebaikan dan mencegah kemunkaran.
Sangat menariknya pembahasan masalah ini, yang telah membuat penulis tertarik untuk mengulas sedikit tentang Amar Ma’ruf dan Nahyi Munkar.

B.    Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan penulis maka permasalahan utama makalah ini adalah:
1.    Bagaimana dan sejauhmana Urgensi Amar Ma'ruf Nahyi Munkar ?
2.    Apa Pengertian dan Hukum Amar Ma'ruf dan Nahyi Munkar?
3.    Apa Hikmah Menegakkan Amar Ma'ruf Nahi Munkar ?

C.    Tujuan penulisan

Berdasarkan pada rumusan masalah di atas maka tujuan penulisan makalah ini adalah :
1.    Untuk memahmi sejauhmana Urgensi Amar Ma'ruf Nahyi Munkar
2.    Mengetahui dan memahami Pengertian dan Hukum Amar Ma'ruf dan Nahyi Munkar
3.    Untuk mengetahui Hikmah Menegakkan Amar Ma'ruf Nahi Munkar

D.    Manfaat Penulisan

Penulisan makalah diharapkan memberikan manfaat, baik secara teoritis maupun secara praktis dalam upaya meningkatkan pemahaman terkait tentang Pengertian, Hukum dan Hikmah dari Amar Ma'ruf dan Nahyi Munkar.

E.    Metode Penulisan

Metode penulisan yang digunakan kajian kepustaakaan dan browsing internet
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BANGSA BAB I"

Back To Top