Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BANGSA BAB III

BAB III

PENUTUP


A.    Kesimpulan

Amar Ma’ruf dan Nahyi Munkar salah satu Pokok kekuatan Islam bukan tertumpu pada penataan kekuatan senjata untuk menghadang pihak luar yang memusuhi. Pokok kekuatan Islam lebih tertumpu pada pelaksanaan ajaran dalam kehidupan umat Islam. Betapapun muslim kuat dari segi ilmu dan  teknologi dalam menghadapi ancaman luar, tetap kekuatan senjata itu tidak banyak berarti apabila di belakangnya di kendalikan oleh hati orang-orang yang tidak memiliki komitmen yang sungguh-sungguh pada Islam dan  tidak terbina oleh amal-amal Islami menjadi dalam mendekatkan Muslim kepada Islam dan  menciptakan lingkungan yang Islami. Bencana yang paling berbahaya mengancam kehidupan masyarakat muslim adalah bencana kemunkaran. Tidak ada bencana lebih hebat dalam merusak tatanan kehidupan muslim melebihi kemunkaran.
Massalah pencegahan kemunkaran menjadi kewajiban yang mendapat perhatian khusus dalam Islam, sehingga derajat keimanan seseorang dikaitkan langsung dengan kesungguhan dan kemampuannya dalam mencegah kemunkaran. Rasuluullah Saw. bersabda: Barangsiapa melihat kemunkaran hendaklah ia merubahnya dengan tanganya. Jika tidak mampu, maka dengan lisannya. Dan jika tidak mampu juga, maka dengan hatinya, dan tindakan itu merupakn selemah-lemahnya. Hadis ini langusng menetapkan adanya tiga tingkat strategi pencegahan kemunkaran.

B.    Saran

Hendakanya pemahaman mengenai Amar Ma'ruf Nahi Munkar senantiasa senantiasa diterapakan sejaka dini, selain itu juga Hikmah Menegakkan Amar Ma'ruf Nahi Munkar, bukan sekedar di dipahami saja tetapi di realisiskan dalam kehidupan sehari-hari.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BANGSA BAB III"

Back To Top