Blog Dunia Pendidikan

CONTOH PENTINGNYA KANDUNGAN GIZI (PROTEIN) BAGI TUBUH MANUSIA BAB I



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Masalah gizi masih cukup rawan dibeberapa wilayah Indonesia, terutama di wilayah pemukiman kumuh daerah perkotaan, Dimana kondisi masyarakat banyak yang kurang memahami akan pentingnnya kandungan gizi dalam hal ini protein, banyak balita yang terkena gizi buruk. Gizi buru /gizi kurang sering terjadi karena makanan yang tidak seimbang, terutama dalam hal protein.
Untuk itulah penting bagi Anda dan keluarga untuk tetap memperhatikan asupan gizi setiap harinya. Protein dapat Anda peroleh pada makanan yang mungkin sehari-harinya Anda temukan atau bahkan Anda konsumsi.
Protein sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak-anak, dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Dan juga kelebihan protein juga akan menimbulkan penyakit, seperti obesitas. Sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti kwasiorkor, marasmus, dan obesitas.
1
Banyak yang menganggap bahwa makanan adalah sebagai kepentingan yang sangat vital. Pada sepanjang kehidupan kita, gizi adalah sebagai unsur dasar yang dapat mempertahankan kehidupan dan menyediakan tenaga yang dibutuhkan oleh sel-sel sehingga berbagai jaringan dan organ-organ tubuh dapat melakukan berbagai tindakan yang terkoordinasi. Kehidupan manusia dapat diibaratkan sebagai sebuah pohon kayu yang kecil yang memerlukan siraman air secara terus menerus, pemupukan dan pemeliharaan agar menjadi mampu untuk melakukan pertumbuhan secara kuat. Demikianlah pentingnya gizi untuk kehidupan manusia
Selama masa penambahan gizi, hanya gizi yang seimbang yang dapat mencegah tubuh dari keadaan yang tidak seimbang antara Yin dan Yang yang selanjutnya dapat mengarah kepada timbulnya penyakit. Pemberian tambahan gizi hendaklah secara wajar dan menurut ilmu pengetahuan ilmiah. Bila seseorang jatuh sakit, maka diperlukan untuk memperoleh pengobatan; bila seseorang berada dalam keadaan sehat, maka perlu untuk melakukan penjagaan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, melakukan pencegahan terhadap penyakit adalah sebagai masalah yang sangat mendasar dalam hubungannya dengan pemeliharaan kesehatan.
Sebagai kunci pokok dalam hubungannya dengan kebiasaan makan adalah menjaga jangan sampai makan secara berlebihan sehingga kekenyangan, makan disertai adanya sayur-sayuran, tidak memakan makanan yang dimasak sampai kelewat matang, makan secara tidak tergesa-gesa, makanan yang memiliki rasa yang ringan, makanan masih dalam kondisi yang segar; memiliki keragaman, dengan kondisi yang sejuk, terdapat pemisahan, disertai dengan pematangan. Hanya dengan cara demikian seseorang akan dapat memiliki badan yang sehat disertai dengan kehidupan yang penuh semangat dan percaya diri.
Berdasarkan pemaparan dari latar belakang yang telah penulis paparkan, maka penulis tertarik untuk membuat makalah dengan  judul “Pentingnya Kandungan Gizi (Protein) Bagi  Tubuh Manusia”
B.     Rumusan Malasah
Rumusan masalah dalam makalah ini penulis paparkan dalam beberapa poin yaitu
1.      Bagaimana akibatnya bila tubuh kekurangan Protein ?
2.      Bagaimana Akibat Kelebihan Protein?
3.      Bagaimana Penanggulangan Kekurangan Protein ?

C.    Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui bagaimana akibatnya bila tubuh kekurangan Protein
2.      Untuk mengetahui Bagaimana Akibat Kelebihan Protein
3.      Untuk mengetahui cara Penanggulangan Kekurangan Protein

D.    Manfaat Makalah 
Makalah ini diharapkan bermanfaat bagi semua pihak dalam rangka meningkatkan kualitas hidup khususnya mengenai kesadaran akan pentingnnya  Pentingnya Kandungan Gizi (Protein) Bagi  Tubuh Manusia

E.     Prosedur Penulisan
Prosedur penulisan yang digunakan oleh penulis adalah metode kepustakaan yaitu penulis mencari sumber materi dari buku. Selain itu juga penulis mengambil sumeber materi dari browsing internet.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH PENTINGNYA KANDUNGAN GIZI (PROTEIN) BAGI TUBUH MANUSIA BAB I"

Back To Top