Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH PERANAN MAHASISWA DALAM KEWIRAUSAHAAN


BAB 1
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Mengembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa merupakan salah satu hal  yang penting menjadi kesempatan kerja, pendapatan dan kesejahteraan bagi setiap orang/ individu. Dahulu poola pembelajaran kewirausahaan tidak secara formal dilembagakan,bekal motivasi dan sikap mental kewirausahaan terbangun secara alamiah, lahir secara keterbatasan dan semangat survival ditandai keteladanan kerja keras dari dosen atau model contoh, mahasiswa yang terlatih tempaan secara fisik dan mental melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari hari, akan menjadi tangguh untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Mahasiswa menjadi terlatih melihat sisi positif suatu sumber daya dan transformasikan menjadi manfaat yang nyata. Namun, pola pengembangan kewirausahaan masa lalu dianggap tidak sisteematik menghasilkan kewirausahaan. Kewirausahaan lebih ditentukan oleh bakat atau karakter individu,atau bawaan lahir tidak atas proses yang direncanakan.
B.        Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan pembaca tentang kewirausahaan.terutama dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa.
C.       Manfaat
Dngan ini penyusun mengharapkan agar pembaca dapat memahami apasaja yang dapat dipelajari tentang kewirausahaan, dengan begitu akan terwujud suatu tindakan yang sesuai dan tepat untuk melakukan dan  mengembangkan jiwa kewirausahaan tersebut. Sehingga akan terciptanya SDM yang luar biasa yang terjadi di masarakat.

 
BAB II
PEMBAHASAN
2.1     Pengertian
A.       Kewirausahaan
Kewirausahaan adalah proses mengkreasikan atau menciptakan sesuatu dengan menambahkan nilai yang di dukung komitmen pada tim dan usaha, memperkirakan kemungkinan finansial, fisik, dan resiko sosial dan menerima hasil berupa finansial, kepuasan dan kebebasan pribadi. Kewirausahaan menurut para ahli :
1.   Peter F drucker
     Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda
2.   Thomas W Zimmerer
Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan ke inovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanpatkan peluang-peluang yang di hadapi orang setiap hari
3.   Andrew J Dubrin
 Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.
4.   Arif f.hadipranata
Wirausaha adalah sosok pengambil resiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang.
5.   Soehartoi Prawiro, 1997
kewirausahaan adalah suatu nilai yang dipoerlukan untuk memulai suatu usaha (star-up phase ) dan perkembangan usaha (fenture growth ).
6.   Frank kniht 1981
wirausaha mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan  pasar. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang wirausahawan disarankan untuk melaksanakan fungsi-fungsi managerial mendasar seperti pengarahan dan penalaksanaan.
B.        Tujuan dan Manfaat kewirausahaan Bagi Mahasiswa
1.   Tujuan
a.       Meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa khususnya sense of business sehingga akan tercipta wirausaha-wirausaha muda potensial.
b.      Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi.
c.       Menciptakan unit bisnis berbasis IPTEKS.
d.      Membangun jejaring bisnis antara pelaku bisnis wirausaha pemula dengan pengusaha (terutama UKM) yang sudah mapan.
2.   Manfaat
a.    Kesempatan mengasah jiwa wirausaha, meningkatkan soft skill dengan terlibat langsung dalam dunia kerja, meningkatkan keberanian memulai usaha, mendapat dukungan modal dan pendampingan secara terpadu.
b.   Membatu mengolah pola pikir generasi muda sejak dini.
c.    Mampu menjadi pelopor pembangunan serta mengurangi adanya pengangguran di Indonesia.
d.   Meningkatkan keberanian memulai usaha, mendapat dukungan modal dan pendampingan secara terpadu.
C.       Langkah – Langkah Yang Dilakukan Untuk Menjadi Wirausaha Yang Sukses
1.   Memiliki kemauan
Maksudnya adalah dalam berwirausaha harus memiliki rasa kemauan, memang dalam berwirausaha kita harus mulai dari yang sederhana kecuali jika kita memang memiliki modal besar. Terkadang orang berpikir para usahawan adalah orang yang sudah mapan dan memiliki banyak dana untuk menjalankan usahanya. Tapi tidak selalu seperti itu, dunia wirausaha kini tidak hanya menjadi menjadi dunia bagi orang yang mapan dan memiliki banyak modal akan tetapi berwirausaha saat ini dapat juga dilakukan orang – orang kecil bahkan mahasiswa pun bisa melakukan nya.
Misalnya jika kita masih berstatus sebagai mahasiswa yang terkadang terbentur dengan jadwal kuliah maka solusinya adalah kita berpartner dengan orang lain yang memiliki keahlian ,sebagai contoh kita membuka angkringan hotspot dan disana kita bekerjasama dengan penjual angkringan. Inilah alah satu bentuk kemauan. Yang penting kita harus mencoba dan mencari segmen pasar lain.
2.   Memeliki visi ( tujuan )
Seorang wirausaha yang memiliki visi tidak akan takut gagal. Ia sadar akan risiko yang akan dihadapinya tetapi ia tidak mudah menyerah. Karena seorang wirausaha berkeyakinan yang kuat serta stamina untuk mencapai sasarannya dan beranggapan bahwa kegagalan adalahbagian dari proses menuju apa yang dicita – citakan.
3.   Memiliki motivasi yang tinggi
Sumber keberhasilan dari seorang wirausaha juga terletak pada motivasinya.Dorongannya untuk bisa melakukan ,menemukan atau memberi nilai tambah pada produk atau jasanya biasanya lebih besar ketimbang motivasinya untuk sekedar punya bisnis atau mengeruk keuntungan sebesar besarnya. Wirausha yang sukses biasanya meningkatkan kecepatan,ketepatan dan kemudahan , tanpa cepat merasa puas.
4.   Sikap terhadap uang
Hal yang juga sangat utama dalam berwirausaha adalah sikap terhadap uang. Seorang wirausaha tidak hanya tertantang untuk mendapat uang, tetapi harus bisa memutar bahkan menternakan uang . ia selalu memikirkan upaya konservasi uang,menyediakan cash cushion baik untuk investasi ataupu imergensi.
D.       Faktor – Faktor Yang Menghambat Kewirausahaan
1.   Tidak ada kemauan
Maksudnya adalah dalam berwirausaha tidak sungguh – sungguh memiliki rasa kemauan, tidak ingin dri hal yang sederhana maunya memiliki modal besar baru mau berwirausaha. Tidak mau mencoba hal – hal kecil ,selalu berfikir hal tinggi – tinggi.
2.   Tidak memiliki visi
Seorang wirausaha yang tidak memiliki visi akan takut gagal . ia selalu memikirkan risiko yang akan dihadapinya sehingga tidak heran kalau ia cepat mudah menyerah . Karena tidak berkeyakinan yang kuat untuk mencapai sasarannya dan beranggapan bahwa kegagalan adalah kegagalan sesuatu yang tidak mungkin akan berubah.atau tidak akan berhasil.
3.   Tidak memiliki motivasi yang tinggi
Seseorang yang hanya memiliki motivasi hanya sekedar untuk punya  bisnis atau mengeruk keuntungan sebesar- besarnya tidak memikirkan kesuksenan untuk meningkatkan kecepatan ketetapan dan kemudahan selalu cepat puas dengan apa yang sudah di dapat.
4.   Tidak memiliki sikap terhadap uang
Seorang wirausaha yang hanya tertantang untuk mendapatkan uang saja,tetapi tidak dapat memutar bahkan menternakan uang. Sehingga banyak para usahawan yang mengalami kegagalan – kegagalan dalam dunia bisnis.
E.        Peranan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Kewirausahaan     
Pada masa sekarang peranan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran kewirausahaan menjadi sangat penting,karena fenomena sekarang menunjukan bahawa kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang dapat dipelajari dan diajarkan, sehingga mahasiswa dapat mengetahui ada tiga kompetensi yang dapat dipelajari, yaitu menciptakan kesempatan, menciptakan ide-ide baru yang orisinil dan berani mengambil resiko serta mampu menghitungnya. Peran yang dilakukan perguruan tinggi adalah internalisasi nilai-nilai kewiraushaan,peningktan keterampilan dalam aspek pemasaran, finansial dan teknologi, dan dukungan berwirausaha.
Dalam konteks pendidikan kewirausahaan , nampaknya partisipasi mahasiswa dan kemampuan perguruan tinggi perlu disinergikan, agar menyediakan layanan sebaik baiknya,agar melahirkan student kewirausahaan. Dengan demikian, melalui pendidikan dapat direncanakan kebutuhan jumlah maupun kualitas kewirausahaan. Karakter keilmuan kewirausahaan didisain untuk mengetahui ,melakukan, dan menjadi kewirausahaan.
Tujuan pendidikan mengetahui dan melakukan terintegrasi didalam kurikulum program studi terdistribusi didalam mata kuliah keilmuan. Integrasi dimaksudkan untuk internalisasi nilai-nilai kewirausahaan, sementara itu tujuan yang diberikan dalam pelatihan keterampilan bisnis praktis, mahasiswa dilatih merealisasikan inovasi teknologi kedalam praktek bisnis.
F.        Mahasiswa Dalam Mengembangkan Dan Melaksanakan Kewirausahaan
Program penguatan untuk mendorong aktovitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha baru telah di canangkan pemerintah . direktorat jendral pendidikan tinggi telah mengembangkann beragam program kewirausahaan. Pada tahun 2009 telah dikenalakan Program Mahasiswa wirausaha ( PMW ) untuk menjembatani para mahasiswa memasuki dunia bisnis rill melalui fasilitas – fasilitas bisnis yang ada. Disisi lain , aktifitas ekstra kurikuler mahasiswa yang sistematik juga dapat membangun motivasi dan sikap mental kewirausahaan.
Pembinaan mahasiswa dalam berbagai kegiatan minat dan bakat ,keilmuan kesejahteraan atau keorganisasian lainnya mampu memberikan keterampilan untuk berwirausaha. Sebagai para tokoh poolitik, CEO atau dalam unit pers ( koran kampus )juga sukses menjadi wirausaha dalam industri penerbitan.Misalnya mahasiswa tim robotika menjadi tim kreatif jasa industri permesinan, mahasiswa teknik informatika menjadi wirausaha software house, mahasiswa dalam forum kajian agama menjadi pendakwah, mahasiswa pecinta alam menjadi wirausaha jasa outbound. Pembinaan tersebut mampu melahirkan kreatifitas dan inovasi sebagai energi utama kewirausahaan. Pengalaman dan  manfaat ekonomi bisnis tersebut digunakan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang ada dikalangan mahasiswa.

                                                            

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari berbagai pendapat para ahli dan berbagai penjelasan-penjelasan diatas, maka berarti kewirausahaan sangat penting untuk dilakukan dan dikembangkan bukan saja pada masyarakat luas tetapi dikalangan mahasiswa maupun pelajar sangat perlu dikembangkan dan dilaakukan . dan melalui berwirausaha kita dapat belajar dan berfikir yang kreatif dalam berbisnis.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PERANAN MAHASISWA DALAM KEWIRAUSAHAAN"

Back To Top