Blog Dunia Pendidikan

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Penularan Dan Pencegahan Penyakit Aids [Bab I]


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
            Kesehatan di indonesia tidak begitu baik, bahkan termasuk 5 besar Negara terburuk dalam bidang kesehatan di Asia. Mobroknya tingkat kesehatan ini memicu besarnya angka kematian di Indonesia. Ada riset yang mengatakan bahwa keadaan semakin buruk ini terjadi di karenakan SDM yang kurang menguasai semua cara untuk berprilaku sehat. Mungkin jika masyarakat Indonesia mengerti ungkapan salah satu tokoh Indonesia bahwa dalam melakukan perbaikan mulailah dari hal yang kecil dan dari diri sendiri, karena dengan begitu kesehatan di Indonesia pasti akan sedikit lebih baik.
            Indonesia pun semakin di hebohkan dengan penyakit–penyakit baru yang semakin asing dikenali penyebabnya seperti AIDS yang sampai  sekarang belum di temukan obat untuk menyembuhkannya.Sejarahnya dimulai di negara Amerika Serikat pada tahun 1981, sebuah penelitian di Amerika Serikat mendiagnosa duabelas kasus infeksi yang berasal dari infeksi oportunistik pada kaum homoseksual. Dalam kasus ini para peneliti mengobservasi kalau virus, bakteri, dan protozoa yang biasanya tidak merugikan manusia, menimbulkan infeksi berat, seperti radang paru, radang selaput otak, dan radang lambung yang cukup fatal, juga para peneliti menemukan suatu jenis kanker kulit yang dikenal dengan sarcoma kaposi, suatu penyakit yang jarang di belahan bumi barat dan para peneliti mengenali infeksi kanker tersebut sebagai maifestasi dari suatu defisiensi pada system kekebalan, yakni kerapuhan defensi tubuh maka disebutlah fenomena itu dengan sebutan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).
            Tiga tahun kemudian ditemukan kembali penyakit yang serupa dari para pecandu obat bius yang menyuntikan obat ke dalam tubuh, dan juga pada penderita hemophilia yang mendapatkan donor darah. Kemudian di temukan juga virus itu di dalam tubuh kera, kemungkinan virus itu menular ke kera dan jika kera itu menggigit seseorang maka virus itu otomatis akan menular kepada orang yang digigitnya, sehingga virus terus menyebar dan sulit untuk di kendalikan.
Setelah para ahli mengetahui tentang virus ini, mereka langsung meneliti apa saja yang bisa dijadikan obat untuk membunuh virus ini, dan hasilnya nihil karena sampai sekarang belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya, maka timbul suatu masalah didalam masyarakat tentang apa obat untuk penyakit ini, kemudian bagaimana menghindari penyakit ini agar tidak terus menular dan meluas lagi karena terlalu berbahaya jika virus ini terus menyebar.
Kurangnya pemahaman tentang penyakit ini di masyarakat yang menyebabkan penderita AIDS semakin hari semakin meningkat juga karena prilaku remaja modern yang sudah buta dari etika dan kurangnya pemahaman tentang agama, sehingga banyak orang yang melakukan hubungan seks pranikah dengan bergonta ganti pasangan, kemudian peredaran narkoba yang semakin merajarela dikalangan para remaja yang tanpa disadari itulah yang menjadi penyebab utama datangnya penyakit AIDS.
Di negara kita pun penyebaran penyakit ini sudah meluas dan menjadi persoalan yang sangat serius. Pemerintah juga sudah mulai gencar menyuarakantentang bahaya penyakit ini, karena dengan kita paham tentang penyakit ini maka kita pasti terhindar dari penyakit ini, kemudian kita pun harus tahu cara pencegahan penyakit ini yaitu dengan tidak melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan, tidak menggunakan narkoba apalagi narkoba jarum suntik, karena dari setitik darah saja itu bisa menjadi celah untuk menularnya penyakit ini.
Cara lain untuk mengendalikan penyakit ini pun bisa di mulai dari rumah dengan bimbingan orang tua yang selalu mengajarkan anaknya untuk tidak terjerumus dengan hal – hal yan negative yang bisa merusak moral anak, dan di lanjutkan di sekolah dengan cara mengajarkan tentang bahayanya penyakit ini dan menanamkan moral kepada anak untuk tidak mencoba–coba. Karena sekali kita mencoba maka akan sulit untuk keluar nya dan mungkin akan terbelenggu untuk selamanya.
Jika keadaan ini terus menerus di biarkan oleh kita maka di khawatirkan semua remaja di Indonesia bahkan seluruh penduduk Indonesia menjadi pengidap penyakit berbahaya ini yang tak pernah kita temukan obatnya.Maka dari itu sebagai bentuk partisipasi dalam proses pencegahan penyakit ini agar tidak meluas di kalangan remaja di Indonesia, penulis membuat sebuah makalah tentang penyakit ini dengan judul “Bahaya HIV AIDS” yang diharapkan bisa membantu pencegahan penyakit ini agar tidak terus menerus menyebar dari satu orang ke orang lain, dan menambah wawasan para remaja tentang bahayanya penyakit ini, dan merubah perilakunya menjadi lebih baik lagi dan bisa hidup sehat tanpa penyakit AIDS yang jika terserang membuat remaja kita putus harapan dan terkubur semua mimpi–mimpi nya, karenakematian nya ada di hadapan nya.

B.     Rumusan Masalah
            Untuk lebih mengenal tentang penyakit AIDS ini, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut.
1.      Apakah AIDS itu?
2.      Bagaimana penularan AIDS?
3.      Bagaimana pencegahan AIDS?

C.    Tujuan Makalah
            Dengan melihat rumusan masalah diatas, maka penulis menyusun makalah ini dengan tujuan agar masyarakat lebih mengetahui tentang.
1.      Pengertian AIDS.
2.      Cara penularan AIDS.
3.      Cara pencegahan  AIDS.

D.    Manfaat Makalah
            Makalah ini di susun dengan harapan memberikan manfaat baik secara teoritis maupun secara praktis. Secara teoritis yaitu sebagai alat bantu untuk pemerintah dalam memberikan pemahaman tentang bahaya penyakit AIDS.
kemudian secara praktis semoga bisa bermanfaat bagi:
1.      Penulis, sebagai penambah ilmu pengetahuan tentang penyakit AIDS.
2.      Pembaca, sebagai bahan untuk mengetahui tentang penyakit AIDS.
E.     Prosedur Makalah
Pada makalah ini penulis menggunakan sumber-sumber metode literature dan studi makalah.


Untuk Melihat Makalah Bahasa Indonesia Tentang Penularan Dan Pencegahan Penyakit Aids Bab selanjutnya  Silahkan Klik Link Di Bawah Ini !
- Cover
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Bab I
- Bab II
- Bab III
Terima Kasih Atas Kunjungannya semoga makalah ini dapat di jadikan Referensi dan semoga bermanfaat, Aamiin...
 
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Bahasa Indonesia Tentang Penularan Dan Pencegahan Penyakit Aids [Bab I]"

Back To Top