Blog Dunia Pendidikan

Contoh Makalah Kesehatan tentang Permasalah Kenakalan Remaja Dan Solusi Mengatasi Kenakalan Remaja (Bab I)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kenakalan remaja bukanlah merupakan suatu masalah yang baru muncul kepermukaan, tetapi masalah ini sudah ada sejak berabad-abad yang lampau dan menjadi persoalan yang aktual hampir di semua negara-negara di dunia, termasuk di Indonesia, dan masalah ini bukan hanya terjadi di wilayah perkotaan bahkan sekarang sampai ke wilayah pedesaan.
Masa remaja sering dikenal dengan istilah masa pemberontakan. Pada masa-masa ini, seorang anak yang baru mengalami pubertas seringkali menampilkan beragam gejolak emosi, menarik diri dari keluarga, serta mengalami banyak masalah, baik di rumah, sekolah, atau di lingkungan pertemanannya.
Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah dada, perkembangan pinggang dan kumis, dan dalamnya suara. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol (pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar keluarga
Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya.
Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat diungkuri lagi, anda dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang.
Masa remaja sering diidentikkan sebagai masa pencarian jati diri. Pada tahap perkembangan ini seseorang akan mulai bertanya “siapa saya?”. Mereka berada dalam proses mencari siapa sebenarnya mereka, apa yang ingin mereka capai dan tempat mereka dalam lingkungan. Karena itu tidaklah mengherankan jika banyak sekali permasalahan yang muncul saat usia remaja. Salah satunya adalah masalah kenakalan remaja. Istilah kenakalan remaja itu sendiri mengacu kepada suatu rentang perilaku yang luas, mulai dari perilaku yang tidak dapat diterima secara sosial, pelanggaran hingga melakukan tindakan criminal. Berdasarkan pemaparan tadi, maka penulis dalam makalah ini mengambil judul “Permasalah Kenakalan Remaja Dan Solusi Mengatasi Kenakalan Remaja”

[
B.     Rumusan masalah
Berdasarkan paparan latar belakang diatas, penulis merumuskan permalashan sebagai berikut :
a.       Apa pengertian dari remaja dan kenakalan remaja?
b.      Apakah faktor-faktor yang melatar belakangi timbulnya kenakalan remaja?
c.       Bagaimana solusi untuk mengatasi kenakalan remaja?
C.    Tujuan Prnulisan
Adapun tujuan dari dari pembuatan makalah ini adalah selain untuk memenuhi dalah satu tugas kuliah adalah :
a.       Untuk mengetahui  pengertian dari remaja dan kenakalan remaja
b.      Mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi timbulnya kenakalan remaja.
c.       Mengetahui Bagaimana solusi untuk mengatasi kenakalan remaja.

D.    Manfaat Penulisan
Adapun manfaat praktis yaitu memperoleh pengetahuan, memahmi bagaiman upaya dalam mengatasi masalah mengatasi kenakalan remaja, dan mengantisifasi dampak  dari masalah kenakalan remaja.


E.     Metode Penulisan
Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan makalah ini yaitu dengan mengumpulkan informasi dari berbagai buku dan browsing di internet.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Kesehatan tentang Permasalah Kenakalan Remaja Dan Solusi Mengatasi Kenakalan Remaja (Bab I)"

Back To Top