Blog Dunia Pendidikan

Contoh Bab II Pembahasan Makalah Olahraga Atletik Dasar Tentang Lari Marathon


BAB II
PEMBAHASAN

A.     Definisi Marathon
         Marathon merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Marathon adalah lari jarak jauh dengan jarak yang ditentukan, yakni 21,100 km untuk setengah marathon dan 42,195 km untuk marathon.
Lalu bagaimana dengan asal mula dari marathon? Marathon berasal dari legenda Pheidippides, seorang utusan Yunani. Legenda menyatakan bahwa ia dikirim dari medan perang dari Marathon ke Athena untuk mengumumkan bahwa bangsa Persia telah dikalahkan pada Pertempuran Marathon, yang terjadi pada tahun 490 SM.
Ada perdebatan tentang keakuratan sejarah dari marathon, Herodotus yang merupakan sejarawan Yunani sumber utama untuk Perang Yunani-Persia. Menyebutkan Pheidippides sebagai utusan yang berlari dari Athena ke Sparta untuk meminta bantuan, dan kemudian berlari kembali, yang berjarak lebih dari 240 kilometer (150 mil) sekali jalan.

B. Teori Teknik Gerakan Marathon
                        Gerak dasar lari dapat dilakukan dengan:
            a) Maju, mundur dan ke samping.
            b) Pada lintasan lurus atau lintasan berkelok-kelok.
            c) Cepat dan lambat.
            d) Suara gaduh atau tanpa suara.
            e) Mendaki atau menurun.
            f) Menaiki tangga (tribune) atau menuruni tangga.
            g) Sendirian, berpasangan atau berkelompok.
            h) Bersama anak-anak lain alau melawan anak-anak lain.
            i) Menggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu.
            j) Melewati rintangan.
            k) Menggunakan lapangan rumput, lintasan  atau lapangan.
            l) Di hutan, kebun atau jalan.
            m) Dll.

            Lari termasuk pada katagori keterampilan gerak siklis. Tujuan dari jalan dan lari adalah menempuh suatu jarak tertentu(tanpa rintangan atau melewati rintangan) secepat mungkin.

Gerakan Lari
            Gerak dominan yang utama dari gerak lari adalah gerakan langkah kaki dan ayunan lengan. Sedangkan aspek lain yang perlu diperhatikan pada saat berlari adalah kecondongan badan (disesuaikan dengan jenis /type lari), pengaturan napas, dan harmonisasi gerakan lengan dan tungkai. Sedangkan yang paling menentukan kecepatan lari seseorang adalah panjang langkah x kekerapan langkah. Langkah kaki terdiri dari tahap menumpu dan tahap melayang. Sedangkan gerakan kaki mulai tahap menumpu kemudian mendorong (kaki tolak) sedangkan kaki ayun melakukan gerak pemulihan dan gerak ayunan.

C.   Aturan perwasitan Dalam Marathon
Petugas atau juri dalam lomba lari marathon terdiri atas :
a.       Starter, yaitu petugas yang memberangkatkan perlari.
b.      Pengawas lintasan yaitu petugas yang berdiri pada tempat tertentu dan bertugas mengawasi pelari apabila melakukan kesalahan dan pelanggaran.
c.       Juri kedatangan yaitu petugas pencatat kedatangan pelari yang pertama
sampai dengan terakhir dan menentukan ranking / urutan kejuaraan.
d.      Timer yaitu petugas pencatat waktu.
e.       Juri pencatat hasil yaitu petugas pencatat hasil setelah pelari memasuki garis finish.
Peraturan dalam lomba lari marathon terdiri dari :
a.       Bunyi pistol sebagai tanda start mulai diberangkatkannya peserta lomba.
b.      Peserta harus lari dalam rute yang sudah ditentukan.
c.       Peserta tidak diboleh mendapat bantuan penyegar sepanjang lomba selain di pos-pos yang sudah disediakan.
d.      Peserta yang memasuki garis finish pertama dianggap sebagai juara.


D.     Model – Model Pembelajaran Marathon
Menggunakan model pembelajaran ARIAS, model pembelajaran ARIAS mengandung lima komponen yaitu: attention (minat/perhatian); relevance (relevansi); confidence (percaya/yakin); satisfaction (kepuasan/bangga), dan assessment (evaluasi). Dan metode pembelajaran yang digunakan adalah Demonstrasi dan Permainan. Metode Demonstrasi yaitu metode yang digunakan untuk membelajarkan peserta didik dengan cara menerangkan dan memperagakan langkah-langkahnya. Sedangkan metode Permainan yaitu dimaksudkan untuk membangun suasana belajar yang dinamis, penuh semangat, dan antusiasme.
Seperti telah diketahui bahwa gerak dasar lari dapat diberikan dengan berbagai bentuk permainan yang mengandung unsur gerak lari. Lari tidak semata-mata harus dilakukan di lintasan lurus,  tidak harus selalu dengan teknik yang standar. Lari bisa dilakukan diberbagai area,  dengan atau tanpa rintangan, sendiri atau bersama sama dan lain-lain. Siswa akan lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan yang kita berikan bila kita dapat memanfaatkan atau menggunakan alat-alat bantu secara berdaya guna. Namun siswa juga harus dilibatkan dalam penyiapan maupun dalam membereskan alat bantu yang merek
Dengan demikian mereka juga akan terbiasa dengan sifat-sifat tanggung jawab, disiplin, kerjasama, membantu yang lain serta pembentukan aspek psikologis  positip lainnya.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Bab II Pembahasan Makalah Olahraga Atletik Dasar Tentang Lari Marathon "

Back To Top