Blog Dunia Pendidikan

Contoh Makalah Agama Hubungan Antara Internet Dengan Islam (Internet Dalam Perspektif Islam) [ Bab II ]


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

            Internet merupakan suatu teknologi modern yang penggunaanya pun kini sangat kompleks, baik itu sebagai media belajar, komunikasi, transaksi jual beli, sarana silaturahmi dan lain sebagainya. Karena kompleksitasnya penggunaan internet saat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa konten dan aktivitas yang ada di internet ini telah jauh keluar dari nilai-nilai Islam. Karena internet merupakan representasi dari isi dunia dan kita tahu bahwa isi dunia memang bermacam-macam.
            Triatno Yudho Prabowo mahasiswa fakultas Psikologi tahun 2001 IAIN Syarif Hidayatullah (yang sekarang berganti nama menjadi UIN Syarif Hidayatullah) Jakarta, dalam artikelnya yang berjudul “Menyongsong Kejayaan Islam Melalui Internet”  membahas tentang bagaimana memanfaatkan teknologi internet untuk menyebar luaskan ajaran Islam atau dengan kata lain berdakwah melalui internet. Beliau bependapat bahwa semakin berkembangnya teknologi informasi diharapkan timbul sebuah paradigma baru dalam diri umat Islam bahwa da'wah yang dilakukan, tidak lagi dibatasi hanya pada interaksi langsung antara aktivis dengan obyek da'wahnya di dunia nyata. Melainkan melingkupi da'wah yang dilakukan secara digital yang dilakukan melalui internet. Insya Allah dengan terciptanya sebuah sinergis antara da'wah konvensional di dunia nyata dengan da'wah digital di dunia maya, kejayaan Islam yang dirindukan oleh seluruh muslim dan penghuni jagad raya ini tidak lama lagi akan segera dapat terwujud.
            Akan tetapi dari artikel yang telah disebutkan di atas, hanya membahas tentang berdakwah melalui internet. Tidak disebutkan bagaimana internet dalam perspektif Islam maupun hubungan internet dengan Islam secara lebih luas lagi.
            Berangkat dari sini, kami mencoba mengkaji bagaimana internet dalam perspektif Islam dan bagaimana sebetulnya hubungan antara internet dan Islam.  Untuk menjawab persoalan-persoalan di atas untuk dijadikan bahan penelitian lebih lanjut.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Agama Hubungan Antara Internet Dengan Islam (Internet Dalam Perspektif Islam) [ Bab II ]"

Back To Top