PENGGUNAAN
MEDIA JAM
UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA
MATERI PENGUKURAN WAKTU
(Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika
di Kelas V SDN Banjaran 05 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes)
Oleh
...................................
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah
rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V Banjaran 05 Kecamatan Salem
Kabupaten Brebes, khususnya mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu.
Hal ini terbukti dari nilai hasil evaluasi belajar siswa yang jauh dari KKM
yang telah ditentukan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran dalam pembelajaran dengan
penggunaan media jam untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
pengukuran waktu. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang
cara penggunaan media jam untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
pengukuran waktu dalam pemebelajaran Matematika. Metode Penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Modifikasi Riset Aksi Model
Kemmis dan Taggart. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus
dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Banjaran 05 yang terdiri
dari 40 orang siswa, 10 laki-laki dan 30 perempuan. Pengumpulan data
menggunakan teknik tes, observasi. Data hasil observasi terdiri-dari hasil
observasi kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang digunakan untuk mengukur
keberhasilan dalam pembelajaran Matematika khususnya materi pengukuran waktu.
Teknik pengolahan data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif
kuantitatif dan kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan seluruh rangkaian
penelitian mulai dari perencanaan sampai tahapan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media jam pada materi pengukuran waktu meningkat.
Hal ini terbukti dari perolehan nilai rata-rata kelas yang mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase hasil belajar menunjukkan
penggunaan media jam pada materi pengukuran waktu pada siklus I sebesar 55%
sedangkan pada siklus II sebesar 75%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan
media jam berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam materi pengukuran
waktu.
Kata Kunci : Alat Peraga, Jam, Pengukuran
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MEDIA JAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU "