Blog Dunia Pendidikan

CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MEDIA JAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU


PENGGUNAAN MEDIA JAM
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU
(Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Banjaran 05 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes)

Oleh

...................................

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V Banjaran 05 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, khususnya mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu. Hal ini terbukti dari nilai hasil evaluasi belajar siswa yang jauh dari KKM yang telah ditentukan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran dalam pembelajaran dengan penggunaan media jam untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran waktu. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara penggunaan media jam untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran waktu dalam pemebelajaran Matematika. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Modifikasi Riset Aksi Model Kemmis dan Taggart. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Banjaran 05 yang terdiri dari 40 orang siswa, 10 laki-laki dan 30 perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi. Data hasil observasi terdiri-dari hasil observasi kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam pembelajaran Matematika khususnya materi pengukuran waktu. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan seluruh rangkaian penelitian mulai dari perencanaan sampai tahapan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media jam pada materi pengukuran waktu meningkat. Hal ini terbukti dari perolehan nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase hasil belajar menunjukkan penggunaan media jam pada materi pengukuran waktu pada siklus I sebesar 55% sedangkan pada siklus II sebesar 75%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media jam berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam materi pengukuran waktu.


Kata Kunci : Alat Peraga, Jam, Pengukuran
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN MEDIA JAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU "

Back To Top