Blog Dunia Pendidikan

CONTOH ABSTRAK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN MENJADI PECAHAN BIASA MELALUI KARTU PECAHAN DI SEKOLAH DASAR



MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN MENJADI PECAHAN BIASA MELALUI KARTU PECAHAN
DI SEKOLAH DASAR


ABSTRAK

Kenyataan di kelas V SD Negeri 1 Sukarame guru kelas selama ini mengajar dengan cara konvensional sehingga nilai rata-rata untuk pembelajaran matematika belum memuaskan. “Nilai rata-rata siswa dari jumlah 12 siswa hanya 3 orang atau 40% yang mampu mengerjakan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Hal ini, karena proses pembelajaran belum menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang dijelaskan kepada siswa salah satunya materi mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Maka hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sukarame belum memuaskan. Dengan demikian guru hendaknya merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran salah satunya alat pearaga kartu pecahan. Penggunaan alat peraga kartu pecahan dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Tujuan sosial dari belajar dan mengajar matematika adalah penggunaan pengetahuan dan keterampilan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan umum dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa melalui kartu pecahan di Kelas V SD Negeri 1 Sukarame Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang akan digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Pertimbangan yang mendasari penelitian metode ini, karena langkah-langkah penelitian cukup sederhana, sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh peneliti. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui teknik pengamatan objek langsung di Kelas V SDN 1 Sukarame, terdapat peningkatan kinerja guru dalam menyusun Prencana Pelaksanaan Pembelajaran Mtematika yang berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan siswa tentang mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa melalui kartu pecahan. Proses pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa tentang mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa melalui kartu pecahan di Kelas V SD Negeri 1 Sukarame, ternyata aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa melalui kartu pecahan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan engubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Hasil belajar siswa dalam mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa melalui kartu pecahan di Kelas V SD Negeri 1 Sukarame, memperoleh nilai pada siklus 1 dengan rata-rata sebesar 65,8 atau 65,8%, pada siklus 2 sebesar 75 atau 75%, mengalami peningkatan sebesar 9,2%.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN MENJADI PECAHAN BIASA MELALUI KARTU PECAHAN DI SEKOLAH DASAR "

Back To Top