MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN MENJADI PECAHAN BIASA MELALUI KARTU PECAHAN
DI
SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Kenyataan di kelas V SD Negeri 1 Sukarame guru kelas
selama ini mengajar dengan cara konvensional sehingga nilai rata-rata untuk
pembelajaran matematika belum memuaskan. “Nilai rata-rata siswa dari jumlah 12
siswa hanya 3 orang atau 40% yang mampu mengerjakan mengubah pecahan campuran
menjadi pecahan biasa. Hal ini, karena proses pembelajaran belum menggunakan
alat peraga yang sesuai dengan materi yang dijelaskan kepada siswa salah
satunya materi mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Maka hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sukarame belum memuaskan. Dengan demikian
guru hendaknya merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak terlibat
langsung dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang melibatkan siswa secara
aktif dalam pembelajaran salah satunya alat pearaga kartu pecahan. Penggunaan
alat peraga kartu pecahan dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat
membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Tujuan sosial dari belajar
dan mengajar matematika adalah penggunaan pengetahuan dan keterampilan
matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan umum dalam penelitian ini yaitu
untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang mengubah pecahan campuran menjadi
pecahan biasa melalui kartu pecahan di Kelas V SD Negeri 1 Sukarame Kecamatan
Sukarame Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang akan digunakan dalam penelitian
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Pertimbangan
yang mendasari penelitian metode ini, karena langkah-langkah penelitian cukup
sederhana, sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh peneliti. Perencanaan
pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui
teknik pengamatan objek langsung di Kelas V SDN 1 Sukarame, terdapat
peningkatan kinerja guru dalam menyusun Prencana Pelaksanaan Pembelajaran Mtematika
yang berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan siswa tentang mengubah pecahan
campuran menjadi pecahan biasa melalui kartu pecahan. Proses pelaksanaan
pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa tentang mengubah pecahan
campuran menjadi pecahan biasa melalui kartu pecahan di Kelas V SD Negeri 1
Sukarame, ternyata aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran
mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa melalui kartu pecahan
berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan engubah pecahan campuran menjadi
pecahan biasa. Hasil belajar siswa dalam mengubah pecahan campuran menjadi pecahan
biasa melalui kartu pecahan di Kelas V SD Negeri 1 Sukarame, memperoleh nilai
pada siklus 1 dengan rata-rata sebesar 65,8 atau 65,8%, pada siklus 2 sebesar
75 atau 75%, mengalami peningkatan sebesar 9,2%.
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUBAH PECAHAN CAMPURAN MENJADI PECAHAN BIASA MELALUI KARTU PECAHAN DI SEKOLAH DASAR "