BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Filsafat pendidikan adalah ilmu yang
mempelajari dan berusaha mengadakan penyelesaian terhadap masalah-masalah
pendidikan yang bersifat filosofis. Secara filosofis, pendidikan adalah hasil
dari peradaban suatu bangsa yang terus menerus dikembangkan berdasarkan
cita-cita dan tujuan filsafat serta pandangan hidupnya, sehingga menjadi suatu
kenyataan yang melembaga di dalam masyarakatnya.
Pendidikan
yang bersendikan atas nilai-nilai yang bersifat modernisasi dapat pula menjadikan pendidikan itu kehilangan arah. Berhubung
dengan itu pendidikan haruslah bersendikan atas nilai-nilai yang dapat
mendatangkan kestabilan. Agar dapat terpenuhi maksud tersebut nilai-nilai itu
perlu dipilih yang mempunyai tata yang jelas dan yang telah truji oleh waktu.
Nilai-nilai yang dapat memenuhi adalah berasal dari
kebudayaan dan filsafat yang korelatif selama 4 abad belakangan ini, dengan
perhitungan Zaman Renaissance, sebagai pangkal timbulnya
pandangan-pandangan esensialistis awal. Essensialisme percaya bahwa pendidikan
harus didasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal
peradaban umat manusia.
Dengan pengembalian pola pendidikan
pada pengambilan nilai-nilai masa lalu, esensialisme percaya bahwa keefektifan
pembelajaran akan tercipta. Esensialisme sangat menekankan pada pendidikan
dimasa lalu dan cenderung tidak mendukung dengan pola pendidikan masa kini atau
yang sering disebut sebagai modernisasi pendidikan. Bagi esensialisme pola-pola
pendidikan masa lalu lebih memberikan banyak kemutakhiran pola berpikir yang
ada dalam diri siswa. Modernisasi dianggap sebagai zaman yang hanya menambahkan
banyak nilai-nilai baru yang kalah dengan nilai-nilai lama dalam hal
menghasilkan siswa yang berkompeten, sehingga nilai-nilai lamalah yang
mempunyai peranan penting jika dilihat dari kacamata esensialisme.
Oleh karena itu dalam makalah ini
penulis akan memaparkan mengenai aliran
filsafat esensialisme.
B. Rumusan Masalah
1. Apa latar belakang munculnya aliran filsafat esensialisme ?
2. Apa prinsip-prinsip filosofis aliran filsafat esensialisme ?
3. Bagaimana implikasinya terhadap pendidikan ?
4. Apa tanggapan kelompok mengenai aliran filsafat esensialisme ?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui latar belakang munculnya aliran filsafat esensialisme.
2. Untuk mengetahui prinsip-prinsip aliran filsafat esensialisme.
3. Untuk mengetahui implikasinya terhadap pendidikan.
Tag :
MAKALAH PAI
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME BAB I PENDAHULUAN"