Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME BAB III PENUTUP


BAB III


PENUTUP


A.    Kesimpulan

Aliran filsafat Esensialisme adalah suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama. Aliran Esensialisme ini memandang bahwa pendidikan yang bertumpu pada dasar pandangan fleksibilitas dalam segala bentuk dapat menjadi sumber timbulnya pandangan yang berubah-ubah, mudah goyah, kurang terarah, tidak menentu dan kurang stabil. Tujuan pendidikan esensialisme adalah menyampaikan warisan budaya dan sejarah melalui suatu inti pengetahuan yang telah terhimpun, dasar bertahan sepanjang waktu untuk diketahui oleh semua orang. Pengetahuan ini diikuti oleh keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang tepat untuk membentuk unsur-unsur yang inti (esensiliasme), sebuah pendidikan sehingga pendidikan, jadi Menurut esensialisme sekolah berfungsi untuk warga negara supaya hidup sesuai dengan prinsip-prinsip dan lembaga-lembaga sosial yang ada di dalam masyarakat.

B.     Saran

Saran penulis bagi pembaca khususnya para pendidik atau guru, yaitu.
1.    Hendaknya tidak meninggalkan nilai-nilai budaya lama dalam hal kependidikan, setidaknya dapat memadukan teknik pengajaran dengan metode lama, karena metode lama juga memiliki nilai-nilai positif untuk diterapkan.
2.    Selalu menjadi figur teladan dan kreatif serta inovatif dalam menciptakan pengajaran-pengajaran yang menarik bagi para siswanya.
3.    Selalu menyesuaikan teknik pengajaran dengan kurikulum yang telah
4.    ditetapkan, kurangi mengeluh dan terus mensiasati segala perubahan yang terjadi dalam dunia kependidikan agar tetap bertahan dan berhasil menjadi seorang guru yang profesional.
Tag : MAKALAH PAI
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH ALIRAN FILSAFAT ESENSIALISME BAB III PENUTUP"

Back To Top