BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap peserta didik
mempunyai karakter yang berbeda-beda. Dalam upaya untuk memperoleh keterangan
sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya tentang peserta didik dan
lingkungannya, diperlukan beberapa upaya dari pihak guru untuk dapat membantu
peserta didik agar dapat berkembang secara optimal. Ada dua cara yang dapat
dilakukan terkait dengan hal tersebut yaitu teknik tes dan teknik non tes. Pada
bagian ini kami hanya akan membahas tentang teknik pengumpulan data non tes yang
mencakup catatan anekdot, autobiografi, sosiometri, serta studi kasus sebagai
teknik untuk mengenal dan memahami setiap peserta didik. Pemikiran inilah yang
menjadi latar belakang betapa pentingnya seorang guru mampu memahami bagaimana
cara menggunakan teknik non tes pada peserta didik di Sekolah Dasar supaya
setiap peserta didik dapat berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan catatan anekdot?
2. Apa
yang dimaksud dengan autobiografi?
3. Apa
yang dimaksud dengan sosiometri?
4. Apa
yang dimaksud dengan studi kasus?
C. Tujuan
1. Mengetahui
tentang catatan anekdot.
2. Mengetahui
tentang autobiografi.
3. Mengetahui
tentang sosiometri.
4. Mengetahui
tentang studi kasus.
D. Metode Penulisan
Metode penulisan yang
kami gunakan yakni studi literatur dan berdasarkan pada sumber-sumber lain
dalam situs internet.
E. Manfaat Penulisan
Manfaat dari penyusunan makalah ini
adalah sebagai berikut :
1.
Dapat
digunakan sebagai salah satu acuan untuk mendalami materi tentang catatan
anekdot, autobiografi, sosiometri, dan studi kasus.
2.
Dapat
menambah pengetahuan tentang mata kuliah Bimbingan dan Konseling.
3.
Dapat
digunakan sebagai media latihan dan belajar menyusun karya tulis atau makalah.
4. Dapat dijadikan sebagai media
pembiasaan dalam belajar.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING TEKNIK NON TES 2 (Catatan Anekdot, Autobiorafi, Sosiometri, dan Studi Kasus) BAB I"