Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING LAPORAN HASIL OBSERVASI PENANGANAN ANAK BERMASALAH DI SD BAB III



BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN



A.    Kesimpulan
Sekolah Dasar merupakan salah satu tahap pendidikan yang harus dilalui oleh setiap individu normal yang menjalani kehidupan di dunia ini. Tetapi, tidak semua anak dapat melaluinya dengan lurus tanpa adanya hambatan sedikitpun. Setiap anak pasti memilki masalah tersendiri dalam menjalani kehidupan di sekolahnya. Anak berperilaku bermasalah yang salah satunya adalah bersikap malas karena tidak adanya motivasi dan perhatian dari orang yang ada disekelilingnya merupakan salah satu masalah yang dihadapi anak di Sekolah Dasar. Anak berperilaku bermasalah tidak semata – mata terjadi tanpa adanya faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, tentunya akan ada yang melatarbelakangi masalah tersebut.
Observasi dan analisis yang dilakukan di SD Negeri ............... ini mengungkapkan fakta di lapangan secara nyata. Bahwa untuk menghadapi anak yang berperilaku bermasalah itu tidaklah mudah, karena faktor yang melatarbelakanginyapun sangatlah kompleks, mulai dari faktor dari anak itu sendiri, faktor dari orang tua, dan lemahnya ekonomi. Oleh sebab itu, kita harus menguasai teknik – teknik bimbingan yang harus disesuaikan dengan masalah serta faktor yang melatar belakangi masalah yang dihadapi, agar program bimbingan yang diberikan dapat tepat sasaran dan membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi.
B.     Saran
Sebagai calon pendidik kita harus terus memupuk dan melatih diri kita untuk mengatatasi permasalahan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Semoga observasi yang kita lakukan di Sekolah Dasar dapat kita jadikan sebagai gambaran dan cermin bagi kita untuk menghadapi dunia pendidikan yang sesungguhnya, agar kita siap sedia serta menyiapkan berbagai pengetahuan serta pengalaman untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi.
Kepada pihak orang tua juga bahwa sesibuk apapun itu, anak tetap perlu kasih saying dan perhatian dari orang tuanya jangan sampai anak dihadapkan dengan masalah selama masa kecilnya itu dan menyebabkan dengan kurangnya kasih saying dan motivasi anak menjadi malas belajar dan tidak mempunyai prestasi.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING LAPORAN HASIL OBSERVASI PENANGANAN ANAK BERMASALAH DI SD BAB III"

Back To Top