Blog Dunia Pendidikan

Contoh Makalah Kleptomania (Bimbingan Dan Pembelajaran) BAB III



BAB III
PENUTUP



A.    Kesimpulan
Kleptomania berbeda dengan pencuri. kleptomania adalah sebuah penyakit kejiwaan yang perlu ditangani secara khusus oleh seorang ahli dalam bidang psikologi. Penyebabnya bisa terjadi karena kurangnya mendapat perhatian dari orang-orang yang ada disekitarnya. Seorang anak yang orang tuanya mengalami perceraian sehingga kurang mendapatkan perhatian rentan terkena penyakit ini. Rata-rata seorang kleptomania awalnya melakukan perbuatan tersebut untuk mendapat perhatian, tetapi karena dia merasa adanya kepuasan saat melakukan hal tersebut sehingga dia mengulangnya lagi sebagai pelampiasan stress atau depresi.
Umumnya penderita ini tidak menyadari perbuatannya tersebut, makanya peran orang tua, teman dan orang sekitar, sangat penting untuk mencegah perbuatannya tersebut. Karean pada dasarnya seorang klepto masih menyadari adanya norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Hal ini dilakukan juga untuk proses penyembuhan penyakit kleptomania, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa peran serta keluarga dan teman terdekat sangat diperlukan dalam proses pemulihan penyakit ini
B.     Saran
Seorang yang kleptomania bukan untuk dijauhi ataupun dikucilkan, semakin dia merasa tertekan dan terkucilkan maka keinginan untuk mengambil barangnya juga akan semakin sering sebagai upaya untuk penghilang depresi. Untuk itu, dekatilah dia. Buat dia merasa ada yang perhatian, sehingga dia tidak mudah stress atau depresi. Meskipun penyakit ini biasa dialami oleh usia 10 tahun keatas atau pada masa puber sampai dewasa ada juga yang seumur hidup, tapi pencegahan timbulnya penyakit ini harus dilakukan sedini mungkin.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Kleptomania (Bimbingan Dan Pembelajaran) BAB III"

Back To Top