Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang

Pembangunan kesehatan di Indonesia bertujuan agar setiap penduduk dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Derajat kesehatan yang tinggi sangat besar artinya dalam mengembangkan sumber daya manusia sebagai modal bagi terlaksananya pembangunan nasional. Oleh karena itu pembangunan kesehatan harus ditingkatkan dengan jangkauan pemerataan yang semakin luas dengan mutu pelayanan yang semakin baik.
Pembangunan kesehatan tersebut diarahkan untuk mempertinggi derajat kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas, taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Agar tercapai tujuan tersebut, maka perlu dilakukan peningkatan upaya kesehatan masyarakat yang didukung oleh pengembangan sistem kesehatan nasional secara terpadu.
Prioritas utama peningkatan upaya pelayanan kesehatan adalah perbaikan pengadaan sekaligus pemerataan penyediaan obat bagi masyarakat, maka dalam hal ini keberadan suatu apotek sangatlah membantu. Karena melalui apotek, kebutuhan masyarakat akan pemenuhan pelayanan kesehatan dapat terpenuhi.
Pengertian apotek menurut Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 1980 adalah suatu tempat tertentu, tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian dan penyaluran obat kepada masyarakat. Apotek juga berfungsi sebagai unit usaha yang harus mempertahankan keberadaannya dengan cara memperhatikan aspek bisnis.
Oleh karena itu Apotek Pengelola Apotek (APA) sebagai penanggung jawab apotek dituntut untuk menguasai materi ilmu kefarmasian dan memiliki keahlian manajerial pengelolaan apotek. Dalam tugasnya, seorang apoteker didampingi oleh asisten apoteker. Pada suatu apotek minimal harus ada 2 orang asisten apoteker.
Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut diatas, maka seorang calon apoteker maupun asisten apoteker sebaiknya melakukan latihan kerja industri di apotek untuk mengetahui secara langsung mengenai pengelolaan, serta tugas dan tanggung jawabnya dalam mengelola apotek.
Sehubungan dengan hal tersebut, Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Bina Putera Nusantara telah melakukan kerja sama dengan PT. Assamas Buana Makmur guna memberikan kesempatan kepada calon apoteker asisten apoteker untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Apotek Assamas, Jalan Rumah Sakit Umum No. 40 Tasikmalaya.

1.2.    Maksud dan Tujuan

Maksud diadakannya Prakerin ini salah satunya adalah untuk memenuhi tuntutan kurikulum pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan yang mengharuskan peserta didiknya untuk mengikuti praktek kerja industri di industri terkait, dalam jangka waktu minimal 1 (satu) bulan. Selain itu, juga untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Bina Putera Nusantara.
Adapun tujuan dari diadakannya Prakerin diantaranya sebagai berikut :
1.      Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas dibidang farmasi.
2.      Untuk menerapkan teori yang di dapat dari sekolah selama belajar khususnya di bidang pengelolaan apotek.
3.      Untuk memperoleh pengalaman bekerja.
4.      Untuk memenuhi tugas akademik

1.3.    Waktu dan Lokasi Prakerin

Pelaksanaan Prakerin dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan, terhitung sejak tanggal 07 September 2006 sampai tanggal 11 Nopember 2006, di Apotek Assamas Jalan Rumah Sakit Umum No. 40 Tasikmalaya.

Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI BAB I"

Back To Top