Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH MASALAH LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN

MASALAH LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN


Manusia adalah salah satu mahluk hidup yang melata di muka bumi ini. Secara fisik organisme tubuh manusia memiliki banyak kesamaan dengan hewan, begitupun kebutuhannya secara biologis sama dengan hewan seperti memhutuhkan makanan, oksigen, mempertahankan diri atau berkembang biak.
Perbedaan yang hakiki antara manusia dan hewan adalah akal fikirannya. Dengan akal manusia bisa menciptakan sesuatu, sehingga la dikatakan makhluk yang berbudaya.
Untuk mempertahakankan kelangsungan hidupnya manusia memenuhi kebutuhannya baik kebutuhan fisik material, maupun mental spiritual. Dalam memenuhi kebutuhannya itulah manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, mengolah dan memanfaatkan lingkungan secara efektif dan bijaksana.
Berbicara tentang lingkungan, banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli :
1.    Menurut Ehrlich & Holdre 1973 : 4) mengemukakan bahwa “The invironment is the unique skin of soil, water, geseous atmosphere, mineral nutriens, and organisms that covens this otherwise undistinguished planet". Sedangkan Millers (1985: 34 - 35) mengemukakan" The living things is a nature community are surrounded by an environment concisting of other living plants and animals, called the biotic portion concisting of chemicals and physical factors such as solar energy, temperature, light, wind and water current”
2.    Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1982, dirumuskan bahwa : "Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, mahluk hidup, termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri-kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya".
3.    Menurut Otto Sumarwoto (dalam titian nomor 8) yang dimaksud dengan lingkungan adalah : "Suatu organisme hidup ialah segala sesuatu di sekeliling organisme itu yang berpengaruh pada kehidupannya".
4.    Nursid Sumaatmadja (1996:84) mengemukakan bahwa : "Lingkungan itu terdiri atas komponen hidup (biotik) berupa tumbuh-tumbuhan dan hewan, serta komponen tak hidup (abiotik) berupa tanah, gas, dan mineral, energi, suhu dan sinar matahari". Selanjutnya, lingkungan tersebut ada di sekeliling mahluk hidup atau organisme tertentu (organisme pokok yang menjadi sorotan dan kajian) dan lingkungan itu berpengaruh terhadap mahluk pokok tadi.

Atas dasar definisi-definisi tersebut di atas, maka Nursid Sumaatmadja mengemukakan bahwa secara alamiah lingkungan hidup itu terdiri atas : "(1) Lingkungan biotik yang meliputi makhluk hidup (tumbuh-tumbuhan dan hewan) dan (2) lingkungan abiotik atau non biotik (tanah, air, mineral, udara, gas, sinar matahari)".
Bagi suatu makhluk hidup, manusia termasuk ke dalam lingkungan biotik.
Dari uraian di atas penulis mencoba menarik suatu kesimpulan bahwa lingkungan hidup itu adalah segala sesuatu yang berada disekitar makhluk hidup tertentu termasuk manusia, baik itu mahluk biotik maupun abiotik yang dapat mempengaruhi makhluk hidup tersebut.
Manusia sebagai makhluk hidup tidak bisa hidup normal tanpa ada lingkungan yang ikut mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Apalagi manusia yang makhluk berakal budi dan berbudaya tidak terlepas pula dari lingkungan sosial budaya di mana ia berada.
 Upaya manusia dapat menyesuaikan diri, mengelola dan memanfaatkan. lingkungannya, maka perlu adanya upaya ke arah itu. Salah satu upaya tersebut adalah diselenggarakan suatu jenis pendidikan atau studi yang dinamakan pendidikan lingkungan. Dengan diselenggarakannya pendidikan lingkungan bagi anak sejak dari Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi, diharapkan di kemudian hari mereka memahami dan menyadari betapa pentingnya masalah lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini, sehingga timbul kesadaran bagi mereka untuk memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup ini, terutama lingkungan alam (fisik) di mana mereka berada atau bertempat tinggal.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH MASALAH LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN"

Back To Top