Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH MASALAH LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN BAGIAN IV RANGKUMAN



RANGKUMAN


Isu dapat diartikan sebagai informasi yang telah berkembang di tengah masyarakat, namun belum pasti kebenarannya karena belum didukungnya oleh data, fakta, dan bukti-bukti yang otentik, objektif dan ilmiah. Dari isu yang berkembang di masyarakat dapat memperoleh informasi awal terhadap suatu peristiwa, walaupun belum pasti benar.
Tidak jarang dari isu berubah menjadi masalah sosial (social problem). Masalah merupakan suatu kesenjangan antara harapan (dassain) dengan kenyataan (dassolen). Apabila suatu masalah sosial tidak dapat dipecahkan segera, maka akan berkembang menjadi penyakit sosial (pathology social) di tengah masyarakat, dan akan mengakibatkan masalah yang lebih besar lagi.
Dilihat dari tingkatan wilayahnya, masalah sosial dapat dibagi menjadi empat tingkatan ; (1) Masalah sosial tingkat lokal atau daerah tertentu, misalnya masalah kenakalan remaja di daerah atau wilayah tertentu (Kabupaten atau Propinsi) ; (2) Masalah sosial tingkat nasional, misalnya masalah kepadatan penduduk di suatu negara ; (3) Masalah sosial tingkat regional, misalnya masalah perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara ; (4) Masalah sosial tingkat internasional (global), misalnya masalah terorisme yang merebak dewasa ini, seluruh penjuru dunia merasa resah oleh masalah tersebut.
Infusi isu dan masalah sosial dalam pengajaran IPS, dapat diimplementasikan dengan cara memberikan materi yang berkaitan dengan kajian lingkungan fisik (alam) dan lingkungan sosial (manusia). Dalam kehidupan sehari-hari manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam rangka memenuhi segala kebutuhan. Tanpa penyesuaian diri manusia akan sulit memenuhi kebutuhannya. Apabila kebutuhan manusia terpenuhi maka timbul kepuasan pada dirinya, dengan kepuasaan yang diperolehnya mereka akan menimbulkan keseimbangan.
Fluralisme budaya mengandung pengertian bahwa di Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan suku bangsa (etnis). Keanekaragaman budaya dan etnis ini akan mempengaruhi terhadap materi IPS yang diberikan di Sekolah Dasar.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH MASALAH LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN BAGIAN IV RANGKUMAN"

Back To Top