RANGKUMAN
Isu dapat
diartikan sebagai informasi yang telah berkembang
di tengah masyarakat, namun belum pasti kebenarannya karena belum didukungnya
oleh data, fakta, dan bukti-bukti yang otentik, objektif dan ilmiah. Dari isu
yang berkembang di masyarakat dapat memperoleh informasi awal terhadap suatu
peristiwa, walaupun belum pasti benar.
Tidak jarang
dari isu berubah menjadi masalah sosial (social problem). Masalah merupakan
suatu kesenjangan antara harapan (dassain) dengan kenyataan (dassolen). Apabila
suatu masalah sosial tidak dapat dipecahkan segera, maka akan berkembang
menjadi penyakit sosial (pathology social) di tengah masyarakat, dan akan
mengakibatkan masalah yang lebih besar lagi.
Dilihat dari tingkatan
wilayahnya, masalah sosial dapat dibagi menjadi empat tingkatan ; (1) Masalah
sosial tingkat lokal atau daerah tertentu, misalnya masalah kenakalan remaja di
daerah atau wilayah tertentu (Kabupaten atau Propinsi) ; (2) Masalah sosial
tingkat nasional, misalnya masalah kepadatan penduduk di suatu negara ; (3)
Masalah sosial tingkat regional, misalnya masalah perkembangan dan pertumbuhan
ekonomi di kawasan Asia Tenggara ; (4) Masalah sosial tingkat internasional
(global), misalnya masalah terorisme yang merebak dewasa ini, seluruh penjuru
dunia merasa resah oleh masalah tersebut.
Infusi isu dan
masalah sosial dalam pengajaran IPS, dapat diimplementasikan dengan cara
memberikan materi yang berkaitan dengan kajian lingkungan fisik (alam) dan
lingkungan sosial (manusia). Dalam kehidupan sehari-hari manusia harus dapat
menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam rangka memenuhi segala kebutuhan.
Tanpa penyesuaian diri manusia akan sulit memenuhi kebutuhannya. Apabila
kebutuhan manusia terpenuhi maka timbul kepuasan pada dirinya, dengan kepuasaan
yang diperolehnya mereka akan menimbulkan keseimbangan.
Fluralisme
budaya mengandung pengertian bahwa di Indonesia memiliki keanekaragaman budaya
dan suku bangsa (etnis). Keanekaragaman budaya dan etnis ini akan mempengaruhi
terhadap materi IPS yang diberikan di Sekolah Dasar.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH MASALAH LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN BAGIAN IV RANGKUMAN"