BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Taman Kanak-kanak adalah salah satu
bentuk pendidikan yang menyediakan pendidikan bagi anak usia 4 tahun sampai
memasuki pendidikan dasar, atas dasar keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan RI No. 0486/V/92 tentang Taman Kanak-kanak yang bertujuan :
·
Membantu melestarikan dasar ke
arah perkembangan sikap, perilaku, pengetahuan, keterampilan, daya cipta yang
diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk
pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.
Untuk mencapai tujuan yang
diharapkan maka perlu ada perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Taman
Kanak-kanak yang meliputi :
1.
Bagaimana memilih bahan
2.
Harus ada sumber belajar
3.
Memakai methode/ teknik yang
tepat sehingga guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan
bermakna
1.2 Tujuan
Adapun tujuan penulisan makalah ini
adalah sebagai berikut :
1.
Sebagai salah satu tugas
individu, mata kuliah psikologi perkembangan III
2.
Agar guru dapat membuat
perencanaan kegiatan yang sesuai dengan usia dan tingkat penalaran anak
3.
Agar dapat menciptakan
lingkungan belajar yang menarik, setelah memberikan rasa aman dan menyenangkan
bagi anak didik.
4.
Agar perkembangan pembentukan
perilaku dan pengembangan kemampuan dasar diri anak didik dapat tercapai secara
optimal
5.
Untuk meningkatkan kwalitas
pembelajaran di Taman Kanak-kanak
6.
Untuk memenuhi salah satu tugas
individu, mata kuliah psikologi perkembangan III.
BAB II
ISI
2.1 Perencanaan Mingguan
Untuk perencanaan mingguan, guru
diharapkan membuat SKM (satuan kegiatan mingguan). Di dalam SKM ini berisi
kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai kemampuan-kemampuan yang telah
direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan tema pada minggu itu
2.2 Perencanaan Harian
Dari perencanaan mingguan (SKM)
dijabarkan lagi menjadi satuan kegiatan harian (SKH), pada SKH terlihat
kegiatan yang bersifat kelompok, individu ataupun klasikal, pada setiap
kegiatan ditulis kemampuan apa yang hendak dicapai termasuk jenis kegiatan dan
sarananya.
SKH terdiri dari :
1.
Kegiatan pembukaan
2.
Kegiatan inti
3.
Kegiatan makan/ istirahat
4.
Penutup
2.3 Langkah-langkah Pembuatan Satuan Kegiatan Harian (SKH)
Untuk Perencanaan Harian Guru diharapkan membuat SKH
SKH adalah : Rencana kegiatan untuk satu hari yang
merupakan penjabaran dari SKM
SKH harus diuraikan lebih lanjut dan mengandung unsur :
Kegiatan, waktu, kemampuan dan penilaian
Langkah-langkah Pembuatannya :
1.
Pelajari SKM
2.
Tentukan dan tuliskan kegiatan
yang telah dijabarkan guru sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan tahapan
perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak dengan memperhitungkan waktu
pada kegiatan itu :
1)
Pembukaan ± 30 menit
2)
Inti ± 60 menit
3)
Istirahat /makan ± 30 menit
4)
Penutup ± 30 menit
Sekaligus teknik dan alat yang digunakan
3.
Tentukan bentuk Kegiatan Ini
(kelompok, individual, klasikal).
Apabila memilih kegiatan kelompok tentukan kegiatan
kelompok yang diamati/ ditunggui
4.
Pindahkan dan tuliskan semua
kemampuan yang ingin dicapai pada hari itu sesuai dengan nomor keode kemampuan
dan kegiatan pada SKH.
5.
Pada kolom penilaian dituliskan
hasil pelaksanaan kegiatan dan hasil perkembangan kemampuan anak
6.
Tuliskan beberapa kegiatan
kelompok dalam inti dan satu kelompok (diberi tanda/ diamati untuk
mengetahui/menilai kemampuan/ seluruh anak dalam kemampuan tertentu).
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan dan Saran
Untuk Perencanaan Harian Guru diharapkan membuat SKH
SKH adalah : Rencana kegiatan untuk satu hari yang
merupakan penjabaran dari SKM
SKH harus diuraikan lebih lanjut dan mengandung unsur :
Kegiatan, waktu, kemampuan dan penilaian
Langkah-langkah Pembuatannya :
1.
Pelajari SKM
2.
Tentukan dan tuliskan kegiatan
yang telah dijabarkan guru sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan tahapan
perkembangan anak dengan tahapan perkembangan anak dengan memperhitungkan waktu
pada kegiatan itu :
1)
Pembukaan ± 30 menit
2)
Inti ± 60 menit
3)
Istirahat /makan ± 30 menit
4)
Penutup ± 30 menit
Sekaligus teknik dan alat yang digunakan
3.
Tentukan bentuk Kegiatan Ini
(kelompok, individual, klasikal).
Apabila memilih kegiatan kelompok tentukan kegiatan
kelompok yang diamati/ ditunggui
4.
Pindahkan dan tuliskan semua
kemampuan yang ingin dicapai pada hari itu sesuai dengan nomor keode kemampuan
dan kegiatan pada SKH.
5.
Pada kolom penilaian dituliskan
hasil pelaksanaan kegiatan dan hasil perkembangan kemampuan anak
6.
Tuliskan beberapa kegiatan
kelompok dalam inti dan satu kelompok (diberi tanda/ diamati untuk
mengetahui/menilai kemampuan/ seluruh anak dalam kemampuan tertentu).
3.2 Saran
Adapun saran yang ingin penyusun
sampaikan, salah satunya guru diharapkan bisa melaksanakan kegiatan belajar
mengajar yang sesuai dengan garis-garis besar program Kegiatan Belajar Mengajar
TK 1994 (GBP TK tahun 1994).
DAFTAR PUSTAKA
1.
Praja, Sofia (1994). Program
Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak (PKB TK tahun 1994). Program
Guru Taman Kanak-kanak Islam (PGTK) Tasikmalaya.
2.
Taman Taman Kanak-kanak dan
Ravahatul Athfal. (2004). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi. Program
Guru Taman Kanak-kanak Islam (PGTK) Tasikmalaya.
3.
Pakem di Taman Kanak-kanak
(2003). Departemen Pendidikan Nasional, Direkorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah, Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
1.2
Tujuan
BAB II ISI
2.1
Perencanaan Mingguan
2.2
Perencanaan Harian
2.3
Langkah-langkah Pembuatan
Satuan Kegiatan Harian (SKH)
2.4
Contoh Satuan Kegiatan Harian
(SKH) Tema Tumbuhan
2.4.1
SKH Hari Senin
2.4.2
SKH Hari Selasa
2.4.3
SKH Hari Rabu
2.4.4
SKH Hari Kamis
2.4.5
SKH Hari Jum’at
2.4.6
SKH Hari Sabtu
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan
3.2
Saran
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah SWT,
karena atas rahmat dan hidayah-Nya, penyusun dapat menyelesaikan Tugas ini yang
berjudul “SATUAN KEGIATAN HARIAN (SKH) TEMA : TUMBUHAN”.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas
kelompok mata kuliah “Psikologi Perkembangan III”.
Penyusun menyadari
sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak
kekurangannya, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, pengetahuan, dan
kemampuan yang dimiliki penyusun. Oleh karena itu, penyusun sangat
mengaharapkan adanya saran dan kritik yang sifatnya membangun untuk perbaikan
dimasa yang akan datang.
Pada kesempatan ini,
penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
terselesaikannya makalah ini, semoga Allah SWT membalas amal kebaikannya.
Amiin.
Dengan segala pengharapan
dan do’a semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penyusun khususnya
dan bagi pembaca umumnya.
Tag :
MAKALAH PSIKOLOGI
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH SATUAN KEGIATAN HARIAN (SKH) TEMA : TUMBUHAN"