Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN DAYA PIKIR DAN DAYA CIPTA BAB I PENDAHULUAN

BAB IPENDAHULUAN


Taman Kanak-kanak (TK) adalah salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia 4 tahun sampai memasuki pendidikan dasar (pasal 1 PP No. 27 tahun 1990 tentang pendidikan prasekolah).
Tujuan pendidikan TK adalah untuk membantu meletakan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak-anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya (pasal 3 Kep. Mendikbud No. 0486/U/1992 tentang TK), sedangkan ruang lingkup program kegiatan belajar yang meliputi : pembentukan perilaku melalui pembiasaan dalam pengembangan moral pancasila, agama, disiplin, perasaan atau emosi dan kemampuan bermasyarakat serta pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan yang dipersiapkan oleh guru meliputi pengambangan kemampuan berbahasa, daya pikir, daya cipta, keterampilan dan jasmani.
Salah satu kemampuan dasar melalui kegiatan yang perlu dipersiapkan oleh guru adalah pengembangan kemampuan daya pikir dan daya cipta.
Daya pikir atau kemampuan kognitif adalah suatu kemampuan dari seseorang dalam proses berpikir yang diperoleh dari lingkungan dan alam sekitarnya.
Daya cipta adalah kemampuan seseorang untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru, istilah lain yang sering digunakan untuk daya cipta adalah kreatifitas (A. Subita, 1995).
Dalam rangka meletakan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta anak didik, selain itu, guru juga perlu memilih metode-metode pengajaran yang cocok untuk menunjang tercapainya program kegiatan anak di Taman Kanak-kanak.
Metode adalah cara penyajian materi atau bahan pengajaran kepada anak sehingga anak dapat menangkap dan mengerti tentang materi tersebut.
Di bawah ini, penyusun akan memaparkan hasil observasi mengenai implementasi metode pembelajaran untuk menmgembangkan daya pikir dan daya cipta di RA Al-Hidayah Panjalu
1.1      Gambaran Umum RA Al-Hidayah Panjalu
Adapun gambaran umum RA Al-Hidayah Panjalu, adalah sebagai berikut :
RA Al-Hidayah Panjalu didirikan pada tanggal 18 april 2002 oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) RA Al-Hidayah Panjalu.
Luas tanah keseluruhan RA Al-Hidayah Panjalu adalah 146 m, status bangunannya adalah wakap, mempunyai 1 bangunan dan 3 ruangan yaitu 1 ruangan kelompok A, 1 ruangan kelompok B, dan 1 ruangan kepala RA Al-Hidayah Panjalu serta 1 halaman TK (tempat berbaris dan bermain).
Struktur organisasi Roudhatul Athfal RA Al-Hidayah Panjalu yaitu sebagai berikut :
1.       Pelindung                  : H.M eli ramdani
2.       Kepala Sekolah         : Drs.Handi handiana
3.       Guru Kelomok A      : Enok Siti
                                           Nur Nurhayati
4.       Guru Kelompok B     : Tina Maria Agustini
                                           Enung

Jumlah murid kelomok A adalah sebagai berikut :
Laki-laki 10 orang
Perempuan         14 orang
                                                   Jumlah           24 orang


Jumlah murid kelomok A adalah sebagai berikut :
Laki-laki 9 orang
Perempuan         13 orang
                                                   Jumlah           12 orang
Jadi jumlah murid keseluruhan adalah  47orang

1.2      Identitas Guru yang Diobservasi
Adapun identitas guru kelompok B yang penyusun observasi yaitu sebagai berikut :
A.    Nama Lengkap                    :Tina Maria
Tempat, tanggal lahir          : ciamis, 02 agustus 1984
Jenis kelamin                       : Perempuan
Pendidikan terakhir             : MA Muslimin
Lama bekerja                       : 3  tahun
B.     Nama Lengkap                    : Nur Nurhayati
Tempat, tanggal lahir          : ciamis,18 maret 1982
Jenis kelamin                       : Perempuan
Pendidikan terakhir             : D2 PGTK

Lama bekerja                       : 2 tahun
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN DAYA PIKIR DAN DAYA CIPTA BAB I PENDAHULUAN "

Back To Top