BAB IIIPENUTUP
1.1
Kesimpulan
Metode adalah cara pengajaran materi
atau bahan pengajaran kepada anak, sehingga anak dapat menangkap dan mengerti
tentang materi yang sedang disampaikan.
Adapun metode yang digunakan untuk
menjelaskan tema Negaraku di kelompok B yaitu :
1.
Metode bercakap-cakap
2.
Metode bercerita
3.
Metode demonstrasi
4.
Metode pemberian tugas
5.
Metode bermain
Daya pikir adalah suatu kemampuan
dari seorang anak dalam proses berpikir yang diperoleh dari lingkungan dan alam
sekitarnya. Daya pikir biasa disebut intelektual.
Daya cipta adalah kemampuan anak TK
untuk membuat atau menciptakan sesuatu dengan
guru. Istilah lain yang sering digunakan untuk daya cipta ini adalah
kreativitas.
Sumber belajar adalah segala macam
bahan yang dapat digunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai macam
keterampilan kepada murid maupun guru.
Alat peraga adalah semua alat yang
digunakan oleh guru untuk memperagakan atau menerangkan pelajaran di dalam
proses belajar mengajar.
Dalam proses pembelajaran, guru
diharapkan membuat satu kegiatan harian (SKH). SKH ini terdiri dari :
1.
Kegiatan pembukaan ± 30 menit
2.
Kegiatan inti ± 60 menit
3.
Istirahat/ makan ± 30 menit
4.
Penutup ± 30 menit
1.2
Saran
Adpun saran yang ingin penulis
sampaikan adalah perbaikan kulitas tenaga pengajar TK / RA baik dari segi
pengetahun umum maupun pengetahuan kependidikan anak usia dini. Dan sebaiknya
menyampaian pembelajaran dapat disesuaikan dengan kurikulum pendidikan anak
usia dini.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN DAYA PIKIR DAN DAYA CIPTA BAB III PENUTUP "