Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH KORELASI PARSIAL BAB I PENDAHULUAN

BAB I

PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang

Pada tempo dulu statistika hanya digunakan untuk menggambarkan keadaan dan menyelesaikan problem-problem kenegaraan saja seperti perhitungan banyaknya penduduk, pembayaran pajak, mencatat pegawai yang masuk dan keluar, membayar gaji pegawai, dll. Namun, di era globalisasi ini hampir semua bidang menggunakan statistik bergantung pada masalah yang dijelaskan oleh nama statistik itu sendiri. Statistika berfungsi sebagai sarana mengembangkan cara berpikir secara logis, lebih dari statistika mengembangkan berpikir secara ilmiah untuk merencanakan (forcasting) penyelidikan, menyimpulkan dan membuat keputusan yang teliti dan meyakinkan. Baik disadari atau tidak, statistika merupakan bagian esensial dari latihan profesional dan menjadi landasan dari kegiatan-kegiatan penelitian.
Statistika ialah sebuah konsep dalam bereksperimen, menganalisa data yang bertujuan untuk mengefensiesikan waktu, tenaga dan biaya dengan memperoleh hasil yang optimal. Berdasarkan definisinya statistika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.
Adapun bagian dari statistika yaitu korelasi parsial (partial correlation) yang berarti suatu nilai yang memberikan kuatnya pengaruh atau hubungan dua variabel atau lebih yang salah satu atau variabel X konstan atau dikendalikan.

B.  Rumusan Masalah

1.    Apakah yang dimaksud dengan korelasi parsial?
2.    Bagaimana cara pemecahan kasus-kasus korelasi parsial?

C.  Tujuan Penulisan
1.    Untuk mengetahui korelasi parsial.
2.    Untuk mengetahui cara memecahkan kasus-kasus korelasi parsial.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH KORELASI PARSIAL BAB I PENDAHULUAN"

Back To Top