BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbicara
mengenai pembelajaran bahasa Indonesia secara terpadu, maka tidak akan
terlepas dari pembicaraan mengenai pendekatan pembelajaran terpadu. Olehkarena
itu, sebelum membahas pembelajaran bahasa Indonesia secara terpadu, kitabahas
terlebih dahulu pendekatan pembelajaran terpadu.
Pembelajaran merupakan upaya
membelajarkan siswa Degeng (1989). Kegiatan pengupayaan ini akan mengakibatkan
siswa dapat mempelajari sesuatu dengan cara efektif dan efisien. Upaya-upaya
yang dilakukan dapat berupa analisis tujuan dan karakteristik studi dan siswa,
analisis sumber belajar, menetapkan strategi pengorganisasian, isi pembelajaran,
menetapkan strategi penyampaian pembelajaran, menetapkan strategi pengelolaan
pembelajaran, dan menetapkan prosedur pengukuran hasil pembelajaran.
Oleh karena itu, setiap pengajar harus
memiliki keterampilan dalam memilih strategi pembelajaran untuk setiap jenis
kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, dengan memilih strategi pembelajaran
yang tepat dalam setiap jenis kegiatan pembelajaran, diharapkan pencapaian
tujuan belajar dapat terpenuhi.
Sedangkan tujuan pembelajaran bahasa.
keterampilan komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi. Kemampuan yang
dikembangkan adalah daya tangkap makna, peran, daya tafsir, menilai, dan
mengekspresikan diri dengan berbahasa. Kesemuanya itu dikelompokkan menjadi
kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Sementara itu, dalam kurikulum
disebutkan bahwa tujuan pemelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara umum
meliputi: siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa
persatuan, dan bahasa negara, siswa memahami Bahasa Indonesia dari segi bentuk,
makna, dan fungsi,serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk
bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan, siswa memiliki kemampuan
menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual,
kematangan emosional,dan kematangan sosial, siswa memiliki disiplin dalam
berpikir dan berbahasa (berbicara dan menulis), siswa mampu menikmati dan
memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan
kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan siswa
menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.. dari pemeparan latar belakang yang telah
penulis paparkan maka penulis dalam makalah ini mengambil judul “Implikasi
Landasan dan Prinsip Pembelajaran Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia”
B.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah dari penulisan makalah ini adalah Bagimana
Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
C.
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah
untuk memahami Bagimana Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Pembelajaran Bahasa
Indonesia.
D.
Manfaat
Makalah
Maksud dari pembeuatan makalah ini
semoga untuk bermanfaat bagi semua pihak dan diharapkan pengambangan dan
pemahaman mengenai prinsif-prinsif pengembangan bahasa Indonesia dapat lebih
meningkat.
E.
Metode
Penulisan
Metode
yang digunakan penulis dalam penyusunan makalah ini
yaitu kepustakaan dan browsing di internet.
Tag :
MAKALAH BAHASA INDONESIA
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB I"