Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB I


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbicara mengenai pembelajaran bahasa Indonesia secara terpadu, maka tidak akan terlepas dari pembicaraan mengenai pendekatan pembelajaran terpadu. Olehkarena itu, sebelum membahas pembelajaran bahasa Indonesia secara terpadu, kitabahas terlebih dahulu pendekatan pembelajaran terpadu.
Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa Degeng (1989). Kegiatan pengupayaan ini akan mengakibatkan siswa dapat mempelajari sesuatu dengan cara efektif dan efisien. Upaya-upaya yang dilakukan dapat berupa analisis tujuan dan karakteristik studi dan siswa, analisis sumber belajar, menetapkan strategi pengorganisasian, isi pembelajaran, menetapkan strategi penyampaian pembelajaran, menetapkan strategi pengelolaan pembelajaran, dan menetapkan prosedur pengukuran hasil pembelajaran.
Oleh karena itu, setiap pengajar harus memiliki keterampilan dalam memilih strategi pembelajaran untuk setiap jenis kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, dengan memilih strategi pembelajaran yang tepat dalam setiap jenis kegiatan pembelajaran, diharapkan pencapaian tujuan belajar dapat terpenuhi.

 
Sebelum memasuki bangku sekolah, anak terbiasa memandang dan mempelajari segala peristiwa yang terjadi disekitarnya atau yang dialaminya sebagai suatu kesatuan yang utuh (holistik), merekatidak melihat semua itu secara parsial (terpisah-pisah). Sayangnya, ketika memasukisituasi belajar secara formal di bangku sekolah dasar, mereka disuguhi oleh berbagaimateri ilmu atau mata pelajaran yang terpisah satu sama lain sehingga mereka terkadangmengalami kesulitan untuk memahami fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakatdan alam sekitarnya.
Sedangkan tujuan pembelajaran bahasa. keterampilan komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi. Kemampuan yang dikembangkan adalah daya tangkap makna, peran, daya tafsir, menilai, dan mengekspresikan diri dengan berbahasa. Kesemuanya itu dikelompokkan menjadi kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Sementara itu, dalam kurikulum disebutkan bahwa tujuan pemelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara umum meliputi: siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, dan bahasa negara, siswa memahami Bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi,serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan, siswa memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional,dan kematangan sosial, siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa (berbicara dan menulis), siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan siswa menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.. dari pemeparan latar belakang yang telah penulis paparkan maka penulis dalam makalah ini mengambil judul “Implikasi Landasan dan Prinsip Pembelajaran Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia”

B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah  dari penulisan makalah ini adalah Bagimana Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia.

C.    Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memahami Bagimana Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia.

D.    Manfaat Makalah
Maksud dari pembeuatan makalah ini semoga untuk bermanfaat bagi semua pihak dan diharapkan pengambangan dan pemahaman mengenai prinsif-prinsif pengembangan bahasa Indonesia dapat lebih meningkat.

E.     Metode Penulisan
Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan makalah ini yaitu kepustakaan dan browsing di internet.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB I"

Back To Top