BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pembelajaran
bahasa Indonesia dilaksanakan dengan mengacu pada wawasan pembelajaran yang
dilandasi prinsip (l) humanisme, (2) progresivme, dan (3) rekonstruksionisme. Prinsif
pembelajaran bahasa belajar merupakan sustu proses berpikir secara aktif,
proses berpikir sebagai upaya menghubungkan pengalaman dan pengetahuan yang
dimiliki dengan informasi atau masalah baru secara kritis dan kreatif, proses
berpikir yang secara potensial menuju dan membentuk keutuhan berdasarkan
“konstruksi” yang dilakukan, (4) proses pembuahan pemahaman yang akan melekat
dan terkembangkan secara terus menerus apabila berlangsung lewat penghayatan
dan internalisasi.
Dalam
peaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia hendaknya dalam setiap proses pembelajaran murid dijadikan
subyek pemberi makna. Saat terjadi kesalahan dalam kegiatan pembelajaran justru
akan menjadi pengalaman dan pengetahuan yang baru. Sebab dalam kegiatan
pembelajaran sudah seharusnya guru tidak lagi “menggurui” melainkan melakukan
proses adaptasi untuk berusaha memahmi jalan pikiran murid untuk kemudian
menampilan sebanyak-banyaknya kemungkinan-kemungkinan.
B. Saran
Dalam
pengembangan
perinsif-prinsip pembelajaran hendakanya, disesuaikan dengan KBM dan sesuai
dengan tingkat kemampuan secara
perporment, sikap dan kekretifan dari pihak pengajar dalam menrapkan
prinsif-prinsif pembelajaran.
Tag :
MAKALAH BAHASA INDONESIA
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB III"