Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB III


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pembelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan dengan mengacu pada wawasan pembelajaran yang dilandasi prinsip (l) humanisme, (2) progresivme, dan (3) rekonstruksionisme. Prinsif pembelajaran bahasa belajar merupakan sustu proses berpikir secara aktif, proses berpikir sebagai upaya menghubungkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki dengan informasi atau masalah baru secara kritis dan kreatif, proses berpikir yang secara potensial menuju dan membentuk keutuhan berdasarkan “konstruksi” yang dilakukan, (4) proses pembuahan pemahaman yang akan melekat dan terkembangkan secara terus menerus apabila berlangsung lewat penghayatan dan internalisasi.
Dalam peaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia hendaknya dalam setiap proses pembelajaran murid dijadikan subyek pemberi makna. Saat terjadi kesalahan dalam kegiatan pembelajaran justru akan menjadi pengalaman dan pengetahuan yang baru. Sebab dalam kegiatan pembelajaran sudah seharusnya guru tidak lagi “menggurui” melainkan melakukan proses adaptasi untuk berusaha memahmi jalan pikiran murid untuk kemudian menampilan sebanyak-banyaknya kemungkinan-kemungkinan.

B.     Saran
Dalam pengembangan perinsif-prinsip pembelajaran hendakanya, disesuaikan dengan KBM dan sesuai dengan  tingkat kemampuan secara perporment, sikap dan kekretifan dari pihak pengajar dalam menrapkan prinsif-prinsif pembelajaran.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB III"

Back To Top