Blog Dunia Pendidikan

Contoh Makalah Agama Bab I tentang Tasawuf Falsafi, Tokoh Dan Pemikirannya


BAB I
PENDAHULUAN

Tasawuf terbagi menjadi beberapa aliran, seperti tasawuf akhlaqi, tasawuf irfani dan tasawuf falsafi. Adapula yang membagi tasawuf ke dalam tasawuf ‘Amali, tasawuf Falsafi dan tasawuf ‘Ilmi. Akan tetapi dalam makalah kecil ini hanya akan dibahas secara lebih khusus mengenai tasawuf  falsafi saja.
Tasawuf Falsafi adalah tasawuf yang kaya dengan pemikiran-pemikiran filsafat, sehingga dalam konsep-konsep tasawuf falsafi lebih mengedepankan asas rasio dengan pendekatan-pendekatan filosofis yang sulit diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.Perenungan ketuhanan kelompok sufi dapat dikatakan sebagai reaksi terhadap corak pemikiran teologis pada masa itu. Di sisi lain, para filosof yang bertujuan menjembatani antara agama dengan filsafat, terpaksa menjustifikasi pemikiran-pemikiran mereka dengan al-qur`an dan al-hadits.
Oleh karena itu, penulis memandang perlu mempelajari aliran ini sebagai sebuah perbandingan dengan aliran filsafat lainnya, dengan harapan dapat menemukan kebenaran mengenai tasawuf yang paling sesuai dengan syari`at Islam. Adapun masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1.    Apakah pengertian tasawuf falsafi?
2.    Siapakah tokoh-tokohnya yang terkenal beserta gagasan-gagasan mereka mengenai tasawuf falsafi?
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Agama Bab I tentang Tasawuf Falsafi, Tokoh Dan Pemikirannya"

Back To Top