ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Alat
Peraga Daerah Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep
Luas Daerah Segitiga” (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika
di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten
Tasikmalaya) disusun oleh Eka Fitria. Latar belakang penelitian ini adalah
siswa Sekolah Dasar Kelas IV SDN I Sukapura masih mengalami kesulitan tentang
konsep luas daerah segitiga pada pembelajaran matematika. Kesulitan tersebut terkait
dengan pendekatan pembelajaran. Untuk itu penggunaan alat peraga daerah persegi
panjang mempunyai prospek ke depan yang sangat positif untuk meningkatkan
pemahaman siswa tentang konsep luas daerah segitiga pada pembelajaran
matematika sehingga peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan pemahaman siswa tentang konsep luas
daerah segitiga dengan menggunakan alat peraga daerah persegi panjang pada
pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Sukapura Kecamatan Sukapura
Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada
siswa kelas IV SD Negeri I Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Tasikmalaya.
Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan seorang guru yang
berpengalaman dalam mengajar dan bertindak sebagai observer. Penelitian ini
dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan
alat peraga daerah persegi panjang dapat menigkatkan hasil belajar siswa
tentang konsep luas daerah segitiga. Pada siklus I dari jumlah siswa 32 orang,
sebanyak 12 orang sudah tuntas, dengan rata-rata hasil belajar sebesar 63. Pada
siklus II dari jumlah siswa 32 orang sebanyak 17 orang sudah tuntas, dengan
rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 69. Pada siklus III dari
jumlah siswa 32 orang seluruhnya sudah tuntas , dengan rata-rata hasil belajar
siswa pada siklus III sebesar 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan alat peraga daerah persegi panjang dapat meningkatkan pemahaman
siswa tentang konsep luas daerah segitiga di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I
Sukapura dan dapat direkomendasikan sebagai pendekatan pembelajaran di Sekolah
Dasar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Penggunaan Alat Peraga Daerah Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Luas Daerah Segitiga"