Blog Dunia Pendidikan

Contoh Abstrak Penggunaan Alat Peraga Daerah Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Luas Daerah Segitiga



ABSTRAK


Penelitian ini berjudul “Penggunaan Alat Peraga Daerah Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Luas Daerah Segitiga” (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Tasikmalaya) disusun oleh Eka Fitria. Latar belakang penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Kelas IV SDN I Sukapura masih mengalami kesulitan tentang konsep luas daerah segitiga pada pembelajaran matematika. Kesulitan tersebut terkait dengan pendekatan pembelajaran. Untuk itu penggunaan alat peraga daerah persegi panjang mempunyai prospek ke depan yang sangat positif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas daerah segitiga pada pembelajaran matematika sehingga peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan pemahaman siswa tentang konsep luas daerah segitiga dengan menggunakan alat peraga daerah persegi panjang pada pembelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri I Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Tasikmalaya. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan seorang guru yang berpengalaman dalam mengajar dan bertindak sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan alat peraga daerah persegi panjang dapat menigkatkan hasil belajar siswa tentang konsep luas daerah segitiga. Pada siklus I dari jumlah siswa 32 orang, sebanyak 12 orang sudah tuntas, dengan rata-rata hasil belajar sebesar 63. Pada siklus II dari jumlah siswa 32 orang sebanyak 17 orang sudah tuntas, dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 69. Pada siklus III dari jumlah siswa 32 orang seluruhnya sudah tuntas , dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga daerah persegi panjang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas daerah segitiga di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Sukapura dan dapat direkomendasikan sebagai pendekatan pembelajaran di Sekolah Dasar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Abstrak Penggunaan Alat Peraga Daerah Persegi Panjang Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Luas Daerah Segitiga"

Back To Top