Blog Dunia Pendidikan

CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA TENTANG PEMBELAJARAN KELILING BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR 2012



PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK  MENINGKATKAN  KEMAMPUAN  SISWA
TENTANG PEMBELAJARAN KELILING BANGUN DATAR
DI SEKOLAH DASAR  2012
(Penelitian  Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika
di kelas III SDN .................... Kecamatan ...........)

Oleh :
.........................................
NIM. ...................................

ABSTRAK

Rendahnya  hasil belajar siswa dalam nilai matematika tentang keliling bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sadewata Kecamatan Lumbung  memotivasi untuk dilaksanakan penelitian ini. Penelitian dirancang dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education, diharapkan guru dapat merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, sehingga pembelajaranpun dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi keliling bangun datar.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan  penelitian tindakan kelas sebanyak III siklus. Adapun sumber data atau fakta penelitian adalah  hasil lembar observasi, penilaian kinerja siswa, dan tes tertulis pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sadewata Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. Data tersebut selanjutnya dianalisis  dan dideskripsikan sesuai dengan rumusan masalah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  adanya  peningkatan kemampuan guru dalam merancang  pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran tentang keliling bangun datar (2) adanya peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistik membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar,  siswa antusias dan termotivasi mengikuti pelajaran  (3) Adanya peningkatan kemampuan siswa tentang pembelajaran keliling bangun datar setelah menggunakan pendekatan matematika realistik. Ditunjukan dengan meningkatnya hasil nilai siswa. Pelaksanaan siklus I kriteria ketuntasan masih belum mencapai KKM terbukti siswa yang belum tuntas masih 43 % dan siswa yang tuntas 57 %. Pada siklus II pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistk menunjukan adanya peningkatan yang berarti terbukti angka kriteria ketuntasan sudah mencapai 70 %  dan yang belum tuntas 30 %. Pada siklus III setelah adanya perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran pada siklus II hasil yang diperoleh menunjukan peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran keliling bangun datar  siswa yang belum tuntas 15 % dan siswa yang tuntas 85 %. Dari hasil hasil perolaehan persentase tersebut maka pembelajaran tentang keliling bangun datar di kelas III SD Negeri 2 Sadewata Kecamatan Lumbung setelahnya menggunakan pendekatan Mathematic Realistic Education, kemampuan siswa meningkat. 
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA TENTANG PEMBELAJARAN KELILING BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR 2012"

Back To Top