PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN SISWA
TENTANG PEMBELAJARAN KELILING BANGUN DATAR
DI SEKOLAH DASAR
2012
(Penelitian
Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika
di kelas III SDN .................... Kecamatan ...........)
Oleh :
.........................................
NIM. ...................................
ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar siswa dalam nilai matematika
tentang keliling bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sadewata
Kecamatan Lumbung memotivasi untuk
dilaksanakan penelitian ini. Penelitian
dirancang dengan menggunakan pendekatan Realistic
Mathematics Education, diharapkan guru dapat merencanakan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran, sehingga pembelajaranpun dapat meningkatkan kemampuan
siswa dalam materi keliling bangun datar.
Penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan penelitian tindakan kelas
sebanyak III siklus. Adapun sumber data atau fakta penelitian adalah hasil lembar observasi, penilaian kinerja
siswa, dan tes tertulis pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sadewata Kecamatan
Lumbung Kabupaten Ciamis. Data tersebut selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan rumusan
masalah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) adanya peningkatan kemampuan guru dalam
merancang pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan matematika realistik sehingga memudahkan
siswa untuk memahami materi pembelajaran tentang keliling bangun datar (2) adanya
peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan realistik membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar, siswa antusias dan termotivasi mengikuti
pelajaran (3) Adanya peningkatan
kemampuan siswa tentang pembelajaran keliling bangun datar setelah menggunakan
pendekatan matematika realistik. Ditunjukan dengan meningkatnya hasil nilai siswa. Pelaksanaan
siklus I kriteria ketuntasan masih belum mencapai KKM terbukti siswa yang belum
tuntas masih 43 % dan siswa yang tuntas 57 %. Pada siklus II pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan matematika realistk menunjukan adanya peningkatan
yang berarti terbukti angka kriteria ketuntasan sudah mencapai 70 % dan yang belum tuntas 30 %. Pada siklus III
setelah adanya perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran pada siklus II
hasil yang diperoleh menunjukan peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran keliling
bangun datar siswa yang belum tuntas 15
% dan siswa yang tuntas 85 %. Dari hasil
hasil perolaehan persentase tersebut maka pembelajaran tentang keliling bangun
datar di kelas III SD Negeri 2 Sadewata Kecamatan Lumbung setelahnya
menggunakan pendekatan Mathematic
Realistic Education, kemampuan siswa meningkat.
0 Komentar untuk "CONTOH ABSTRAK PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA TENTANG PEMBELAJARAN KELILING BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR 2012"