Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH INOVASI PENDIDIKAN BAB I PENDAHULUAN


BAB    I



PENDAHULUAN


1.1.  Latar Belakang dan Perlunya Inovasi Pendidikan
Berbagai perubahan yang terjadi di dalam bidang pendidikan seringkali membawa dampak (baik positif maupun negatif) dalam pendidikan tersebut. Dalam perkembangannya, diperlukan adanya inovasi agar pendidikan tersebut dapat meningkat khususnya secara kualitatif guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Inovasi pendidikan adalah perubahan atau pembaharuan yang terjadi baik dalam bentuk pemikiran/ide, kegiatan praktek kerja, atau berbentuk produk barang yang dianggap baru dan berbeda dari keadaan sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam bidang pendidikan.

Menurut Santoso S. Hamijoyo; 1974, inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada) sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam bidang pendidikan.

Pembaharuan dalam sektor pendidikan dilakukan sebagai upaya sengaja untuk memperbaiki hal ikhwal tentang pendidikan, baik itu berebentuk hal, ide atau praktek-praktek pendidikan yang baru untuk meningkatkan kemampuan mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.

Dalam inovasi, tidak hanya sekedar terjadinya perubahan dari suatu keadaan menuju keadaan yang lain tapi juga terjadi sesuatu yang baru (terdapat unsur kesengajaan), unsur kualitas (mutu) yang lebih baik dari sebelumnya dan terarah pada peningkatan berbagai kemampuan untuk mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan.

1.2.  Tujuan dan Manfaat Inovasi
Tujuan dilakukan inovasi yaitu untuk meningkatkan mutu sistem pendidikan memperluas kesempatan belajar sesuai dengan potensi yang dimiliki masyarakat, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.

Manfaat Inovasi antara lain :
a.       Meningkatkan sistem pendidikan baik dalam hal perencanaan dan pelaksanaan, evaluasi, penelitian, dan pengelolaan pendidikan yang mengakibatkan penyelenggaraan pendidikan kurang relevan dengan kebutuhan masyarakat, kebutuhan dan perkembangan anak, serta kebutuhan pembangunan pada umumnya.
b.      Meningkatkan sarana serta fasilitas pendidikan.
c.       Memperbaiki angka keterlantaran pendidikan.
d.      Melakukan perubahan terhadap masyarakat sesuai dengan tuntutan zaman.
e.       Menyesuaikan keadaan pendidikan sesuai dengan perkembangan IPTEK.
f.       Mencari sumber yang mendukung terlaksananya pendidikan secara efektif dan efesien.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH INOVASI PENDIDIKAN BAB I PENDAHULUAN"

Back To Top