Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH INOVASI PENDIDIKAN BAB BAB III KESIMPULAN DAN TANGGAPAN


BAB    III



KESIMPULAN DAN TANGGAPAN


3.1. Kesimpulan
            Perkembangan ilmu dan tekhnologi yang semakin pesat, menuntut dunia pendidikan agar mampu mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK agar tidak ketinggalan oleh negara-negara maju lainnya. Indonesia bersama dengan negara berkembang lainnya mempunyai masalah yang berat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Masalah-masalah yang dihadapi tersebut antara lain : rendahnya prestasi pendidikan, angka kepadatan penduduk, putus sekolah, kurangnya guru yang berkualifikasi, dan lain-lain.

            Permasalahan-permasalahan tersebut perlu mendapat pemecahan secepat-cepatnya, namun harus diselesaikan secara sistematis, bertahap, dan berencana. Hal ini disebabkan karena masalah pendidikan merupakan masalah yang kompleks. Oleh karena itu, pendidikan hars senantiasa berubah ke arah yang lebih baik.

            Dalam kepentingan tersebut, diadakanlah inovasi dalam bidang pendidikan. Hal ini dilakukan untuk merubah kualitas pendidikan menjadi lebih baik dari keadaan sebelumnya guna mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK yang ada di Indonesia.









3.2. Tanggapan
            Sebagai pertanda dinamisnya kehidupan manusia yang selalu mengalami perubahan dan kebutuhannya semakin meningkat sesuai dengan perkembangannya. Perubahan tersebut menimbulkan masalah-masalah yang merupakan ciri dinamika kehidupannya.

            Peranan pendidikan dan tingkat perkembangan manusia merupakan faktor yang dominan terhadap kemampuannya untuk menanggapi masalah kehidupannya sehari-hari. Tingkat kemajuan suatu bangsa juga dapat ditinjau dari tingkat pendidikannya. Semakin baik tingkat pendidikan masyarakat, semakin maju pula bangsanya. Sebaliknya, semakin terpuruk dan rendahnya pendidikan rakyatnya, maka bidang pendidikan di negara tersebut tidak mungkin maju.

            Oleh karena itu, tidak mengherankan jika negara-negara maju sangat memperhatikan usaha pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Sementara itu, di negara-negara yang sedang berkembang pendidikan mulai lebih diperhatikan setelah dalam waktu yang cukup lama kurang terurus sehingga masalah-masalah yang dihadapi pendidikan berlipat ganda dengan kompleksitas yang cukup rumit.

            Setiap masalah pendidikan berkaitan erat dengan segi kehidupan yang lain, masalahnya bersifat kompleks. Seberapa besar keterikatan suatu masalah pendidikan dengan masalah-masalah pendidikan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, yaitu :
        Masalah pemerataan,
        Masalah mutu,
        Masalah efektivitas dan relevansi,
        Masalah efesiensi.


      Pemecahan masalah-masalah pendidikan tersebut perlu ditindaklanjuti dengan cara dilakukan inovasi dalam bidang pendidikan sebagai perspektif baru dalam dunia pendidikan dan sebagai alternatif untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang belum dapat diatasi dengan cara konvensional secara tuntas. Dengan demikian, inovasi pendidikan dilakukan secara bertahap, sistematis, dan terencana untuk memecahkan masalah pendidikan demi menyongsong ke arah perkembangan dunia kependidikan dan lebih memberikan harapan kemajuan yang lebih pesat.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH INOVASI PENDIDIKAN BAB BAB III KESIMPULAN DAN TANGGAPAN"

Back To Top