BAB III
KESIMPULAN DAN TANGGAPAN
3.1. Kesimpulan
Perkembangan ilmu dan tekhnologi yang semakin pesat, menuntut dunia
pendidikan agar mampu mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK agar tidak
ketinggalan oleh negara-negara maju lainnya. Indonesia bersama dengan negara
berkembang lainnya mempunyai masalah yang berat dalam meningkatkan mutu
pendidikan. Masalah-masalah yang dihadapi tersebut antara lain : rendahnya
prestasi pendidikan, angka kepadatan penduduk, putus sekolah, kurangnya guru
yang berkualifikasi, dan lain-lain.
Permasalahan-permasalahan
tersebut perlu mendapat pemecahan secepat-cepatnya, namun harus diselesaikan
secara sistematis, bertahap, dan berencana. Hal ini disebabkan karena masalah
pendidikan merupakan masalah yang kompleks. Oleh karena itu, pendidikan hars
senantiasa berubah ke arah yang lebih baik.
Dalam
kepentingan tersebut, diadakanlah inovasi dalam bidang pendidikan. Hal ini
dilakukan untuk merubah kualitas pendidikan menjadi lebih baik dari keadaan
sebelumnya guna mengikuti perkembangan zaman dan IPTEK yang ada di Indonesia.
3.2. Tanggapan
Sebagai pertanda dinamisnya kehidupan manusia yang selalu mengalami
perubahan dan kebutuhannya semakin meningkat sesuai dengan perkembangannya.
Perubahan tersebut menimbulkan masalah-masalah yang merupakan ciri dinamika
kehidupannya.
Peranan
pendidikan dan tingkat perkembangan manusia merupakan faktor yang dominan
terhadap kemampuannya untuk menanggapi masalah kehidupannya sehari-hari.
Tingkat kemajuan suatu bangsa juga dapat ditinjau dari tingkat pendidikannya.
Semakin baik tingkat pendidikan masyarakat, semakin maju pula bangsanya.
Sebaliknya, semakin terpuruk dan rendahnya pendidikan rakyatnya, maka bidang
pendidikan di negara tersebut tidak mungkin maju.
Oleh
karena itu, tidak mengherankan jika negara-negara maju sangat memperhatikan
usaha pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Sementara itu, di
negara-negara yang sedang berkembang pendidikan mulai lebih diperhatikan
setelah dalam waktu yang cukup lama kurang terurus sehingga masalah-masalah
yang dihadapi pendidikan berlipat ganda dengan kompleksitas yang cukup rumit.
Setiap
masalah pendidikan berkaitan erat dengan segi kehidupan yang lain, masalahnya
bersifat kompleks. Seberapa besar keterikatan suatu masalah pendidikan dengan
masalah-masalah pendidikan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, yaitu :
√
Masalah
pemerataan,
√
Masalah
mutu,
√
Masalah
efektivitas dan relevansi,
√
Masalah
efesiensi.
Pemecahan masalah-masalah pendidikan
tersebut perlu ditindaklanjuti dengan cara dilakukan inovasi dalam bidang
pendidikan sebagai perspektif baru dalam dunia pendidikan dan sebagai
alternatif untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang belum dapat diatasi
dengan cara konvensional secara tuntas. Dengan demikian, inovasi pendidikan
dilakukan secara bertahap, sistematis, dan terencana untuk memecahkan masalah
pendidikan demi menyongsong ke arah perkembangan dunia kependidikan dan lebih
memberikan harapan kemajuan yang lebih pesat.
Tag :
MAKALAH
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH INOVASI PENDIDIKAN BAB BAB III KESIMPULAN DAN TANGGAPAN"