SKENARIO PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran:Ilmu : Pengetahuan Alam
Pokok Pembahasan : Perubahan
Sifat benda
Sub pokok Bahasan : Perubahan
Sifat Benda karena dipanaskan
Kelas/Semester : III/I
Waktu :1
X 40 menit
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menjelaskan terjadinya peerubahan sifat
benda akibat dibakar, dipanaskan, dan
diletakan di udara
2.
Siswa dapat membandingkan benda sebelum dan sesudah
mengalami perubahahan.
Standar kopetensi : Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Kopetensi dasar : Mendeskripsikan
prubahan sifat benda (ukuran, bentuk warna, atau rasa ) yang dapat diamati
akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakan diudara.
Langkah- langkah Dalam pembelajaran
1)
Apersepasi ( ± 5 menit)
-
Guru memasukin kelas
-
Guru mengkondisikan siswa untukm persiapan belajar.
-
Guru mempersiapkanketua murid untuk memimpin do’a.
2)
Ekplorasi ( ± 5 menit)
-
Guru memulai pelajaran dengan mengulang kembali
pelajaran yang telah dipelajari atau pelajarab yang sebelumnya.
-
Guru memotivasi siswa untuk mengetahui lebih lanjut
tentang perubahan sifat benda
-
Guru menggali pengetahuan siswa tentang perubahan sifat
benda dengan melakukan tanya jawab
- Konsolidasi (± 25 menit)
-
Guru menjelaskan materi tentang perubahan sifat benda
karena dipanaskan, disertai dengan melakukan percobaan sebagai contoh
konkritnya.
-
Guru membimbing siswa mnyiapkan alat dan bahan
percobaan
-
Guru membimbing/ mengarahkan siswa dalam melakukan
percobaan
-
Guru membimbing siswa dalam mengamati hasil percobaan
-
Guru membimbing siswa dalam mencatat data hasil
percobaan
-
Guru bersama-sama siswa membimbing siswa dalam
menyimpulkan materi hasil percobaan
-
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa untuk mengecek
pemahaman siswa
-
Guru menyuruh siswa untuk mengulang kembali pelajaran
yang telah disimpulkan sebagai tugas di rumah
-
Guru mengkondisikan siswa untuk mengakhiri pelajaran
- Pembentukan sikap dan perilaku
Siswa diharapkan mampu memahami materi tentang perubahan sifat benda dan
mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tag :
MAKALAH IPA
0 Komentar untuk "Contoh Skenario Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD Kelas 3"