Blog Dunia Pendidikan

CONTOH MAKALAH PENELITIAN KUALITATIF PENDAHULUAN



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Penelitian Kualitatif adalah study yang meneliti kualitas hubungan, aktivitas, situasi, atau berbagai material.Penelitian Kualitatif  lebih menekankan pada deskriptif holistik, yang menjelaskan secara detail tentang kegiatan atau situasi apa yang sedang berlangsung dari pada membandingkan efek perlakuan tertentu, atau menjelaskan tentang sikap atau perilaku orang. Menurut Sukmadinata (2005) dasar penelitian kualitatif adalah konstruktivisme yang berasumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif dan suatu pertukaran pengalaman sosial yang diinterpretasikan oleh setiap individu. Peneliti kualitatif percaya bahwa kebenaran adalah dinamis dan dapat ditemukan hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang melalui interaksinya dengan situasi sosial mereka (Danim, 2002). Penelitian kualitatif mengkaji perspektif partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang partisipan. Dengan demikian arti atau pengertian penelitian kualitatif tersebut adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005).

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa definisi metode penelitian kualitatif ?
2.      Apa tujuan dan manfaat penelitian kualitatif ?
3.      Apa jenis-jenis penelitian kualitatif ?
4.   Bagaimana langkah-langkah penelitian kualitatif ?

 C.    Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui definisi penelitian kualitatif.
2.      Untuk mengetahui tujuan dan manfaat penelitian kualitatif.
3.      Untuk mengetahui jeni-jenis penelitian kualitatif.
4.      Untuk mengetahui langkah-langkah penelitian kualitatif.

D.    Manfaat Penulisan
1.      Bagi kepentingan menulis sendiri untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan secara teoritis mengenai penelitian kualitatif.
2.  Sebagai bahan imformasi dan bahan kajian dasar bagi para mahasiswa didalam mengadakan penelitian kualitatif.

E.     Metode Penulisan
Metode yang dipakai dalam penelitian ini diantaranya adalah setudi literature, dan studi pustaka, serta disertai dengan pemaparan pembahasan dengan deskriptif dan naratif.
Tag : MAKALAH
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "CONTOH MAKALAH PENELITIAN KUALITATIF PENDAHULUAN"

Back To Top