Blog Dunia Pendidikan

Contoh Proposal Penggunaan Media Gambar Fotografik Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Di Kelas II Sekolah Dasar Bag. 5

H.                Kerangka Penelitian
Keterampilan dalam merancang dan melakukan proses pembelajaran sangat mutlak diperlukan agar pembelajaran lebih bervareasi, inofatif, aktif, dan menyenangkan serta lebih bermakna bagi siswa. Dengan adanya vareasi dalam pembelajaran dapat membangkitkan motivasi siswa untuk lebih fokus dalam belajar, ruangan kelas menjadi hangat karena terjadinya proses pembelajaran yang interaktif antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa yang lainya. Kondisi pembelajaran pun menjadi efektif dan efisien. Penggunaan media gambar fotografik merupakan salah satu alat yang dapat merangsang rasa ingin tahu siswa sehingga terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Indonesia. Atas pertimbangan tersebut maka peneliti meyakini bahwa media gambar fotografik dalam pembelajaran akan mampu memberikan kemudahan bagi siswa dalam menulis kalimat.
I.                   Hipotesis
Berdasarkan kerangka berpikir yang telah dijelaskan sebelumnya, maka hipotesis yang dikemukakan adalah:
Ho       :  Tidak terdapat pengaruh pada hasil belajar dengan menggunakan media   gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah      Dasar.
Hi        : Terdapat pengaruh pada hasil belajar dengan menggunakan media             gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah      Dasar.

J.                  Metode Penelitian
Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu Pre-Eksperimental Design. Jenis desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pada desain ini nantinya sampel akan diberi test awal (pretest) dan diberi test akhir (posttest) setelah diberi perlakuan.
Desain ini dapat digambarkan sebagai berikut:



O1 X O2
 



Sumber: Sugiyono (2013, hlm.111)
Keterangan:
O1 :Nilai tes awal (pretest)
O2 : Nilai tes akhir (posttest)
X : Perlakuan dengan menggunakan model SAVI
Tes awal diberikan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam kemampuan menulis kalimat, sedangkan tes akhir diberikan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis kalimat setelah diberi perlakuan.
1.                  Lokasi dan Subjek Penelitian
a.                  Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian berlokasi di SDN 3 Cibanten Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.
b.                 Populasi Penelitian
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas II SDN 3 Cibanten yaitu sebanyak 12 orang siswa.

c.                  Sampel Penelitian
Dalam menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini, adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan teknik sampling yang digunakan maka sampel penelitian adalah semua siswa kelas II SDN 3 Cibanten yang berjumlah 12 orang.

2.                  Teknik Pengumpulan Data
 Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini  adalah tes tulis dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah hasil menulis karangan narasi siswa pada tes awal (pretest) sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan media gambar fotografik dan pada tes akhir (posttest) setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media gambar fotografik. Observasi dilakukan untuk mengetahui kualitas penerapan media fotografik dalam proses pembelajaran menulis kalimat.

3.                  Instrumen Penelitian
Instrumen pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi.
a.                  Tes
Soal tes diberikan kepada siswa sebanyak dua kali, yaitu ketika pretest dan posttest. Pretest diberikan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis narasi sebelum mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar fotografik. Sementara itu, posttest diberikan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar fotografik.
b.                  Lembar Observasi
Lembar observasi berisi penilaian terhadap proses pembelajaran pada penelitian. Observasi dilakukan untuk menganalisis keefektifan proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar fotografik. Lembar observasi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi guru dalam menggunakan media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat. Lembar observasi yang penulis gunakan adalah pedoman APKG.
K.               Daftar Pustaka

Abidin, Y. 2013. Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung:    Refika Aditama

Alwi, H, dkk. 2003. Tata bahasa buku bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Arsyad, A. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Aqib, Z. 2014. Model-mode, media, dan strategi pembelajaran (inofatif).     Bandung: Yarma Widya

Cahyani, I & Rosmana, I. 2006. Pendidikan bahasa indonesia. Bandung: UPI        Press

Dananjaya, U. 2013. Media pembelajaran aktif. Bandung: Nuansa Cendekia

Daryanto. 2012. Media pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Hermawan, dkk. 2007. Media pembelajaran SD. Bandung: UPI Press

Indriana, D. 2011. Ragam alat bantu media pembelajaran. Jogjakarta: Diva Press

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: BNSP.

Kurniasih, I. 2012. Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan   kemampuan siswa dalam menggambar bangun datar persegi. (Skripsi).          Sekolah sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya

Mendiknas RI. (2006). Kurikulum 2006 permendiknas RI no.22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Media Makmur Maju Mandiri.
Resmini, N & Juanda, D. 2007. Pendidikan bahasa dan sastra di kelas tinggi.         Bandung: UPI Press

Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tarigan, H. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:           Angkasa Bandung

Zulkifli. 2006. Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Posdakarya

Selanjutnya Klik Link Di Bawah Ini :
PROPOSAL BAG. 1
PROPOSAL BAG. 2
PROPOSAL BAG. 3
PROPOSAL BAG. 4
PROPOSAL BAG. 5
Tag : PROPOSAL
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Proposal Penggunaan Media Gambar Fotografik Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Di Kelas II Sekolah Dasar Bag. 5"

Back To Top