C.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah dipaparkan, maka dapat teridentifikasi malasah
sebagai berikut:
1. Siswa
kurang terampil dalam membuat kalimat.
2. Siswa
kurang berminat untuk menulis.
3. Media
pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa.
4. Kurang
bimbingan belajar dari orang tua di rumah.
5. Pembelajaran
berpusat pada guru (Teacher center).
D.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah
terhadap keterampilan menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar, maka diperoleh
permasalahan umum sebagai berikut: “Bagaimanakah pengaruh media gambar
fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar? Secara
khusus peneliti merinci permasalahan sebagai berikut:
1.
Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis
kalimat sebelum menggunakan media gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar?
2.
Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis
kalimat setelah menggunakan media gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar?
3.
Bagaimana pengaruh media gambar
fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar?
E.
Tujuan
Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh media fotografik dalam pembelajaran menulis
kalimat di kelas II Sekolah Dasar. Secara khusus tujuan dari penelitian ini
adalah:
1. Untuk
mengetahui kemampuan siswa dalam menulis kalimat sebelum menggunakan media
gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar.
2. Untuk
mengetahui kemampuan siswa dalam menulis kalimat setelah menggunakan media
gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar.
3. Untuk
mengetahui pengaruh media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat
di kelas II Sekoah Dasar.
F.
Manfaat
Penelitian
1.
Manfaat
Teoritis
Secara teoritis manfaat yang didapat
dari hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar fotografik
dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar adalah menambah
wawasan dan pengalaman peneliti dalam menggunakan media yang kreatif dan
inovatif.
2.
Manfaat
Praktis
Adapun manfaat penelitian secara
praktis adalah sebagai berikut:
a.
Bagi Guru
Menambah
pengetahuan sekaligus memberikan sumbangan pemikiran bagi guru dalam
menghadirkan media pembelajaran yang inovatif sehingga dapat memberikan
motivasi belajar siswa untuk lebih terampil dalam menulis kalimat.
b.
Bagi Siswa
Memberikan
pengalaman yang berharga dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang
menyenangkan sehingga memberikan kesan yang berbeda dengan proses pembelajaran
sebelumnya. Menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif dan bermakna karena
siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. Proses pembelajaran dengan
menggunakan media fotografik memberikan kemudahan kepada siswa dalam menulis
kalimat, melatih kemampuan berpikir imajinatif dan kemampuan bernalar siswa.
c.
Bagi Lembaga
Memberikan
sumbangan pengetahuan yang berharga bagi perbaikan dan peningkatan kualitas
proses pembelajaran di sekolah. Memberikan motivasi bagi guru untuk
meningkatkan budaya meneliti sebagai cara dalam memecahkan permasalahan
pembelajaran.
Selanjutnya Klik Link Di Bawah Ini :
PROPOSAL BAG. 1
PROPOSAL BAG. 2
PROPOSAL BAG. 3
PROPOSAL BAG. 4
PROPOSAL BAG. 5
Selanjutnya Klik Link Di Bawah Ini :
PROPOSAL BAG. 1
PROPOSAL BAG. 2
PROPOSAL BAG. 3
PROPOSAL BAG. 4
PROPOSAL BAG. 5
Tag :
PROPOSAL
0 Komentar untuk "Contoh Proposal Penggunaan Media Gambar Fotografik Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Di Kelas II Sekolah Dasar Bag. 2"