Blog Dunia Pendidikan

Contoh Proposal Penggunaan Media Gambar Fotografik Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Di Kelas II Sekolah Dasar Bag. 2

C.                Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka dapat teridentifikasi malasah sebagai berikut:
1.      Siswa kurang terampil dalam membuat kalimat.
2.      Siswa kurang berminat untuk menulis.
3.      Media pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa.
4.      Kurang bimbingan belajar dari orang tua di rumah.
5.      Pembelajaran berpusat pada guru (Teacher center).

D.                Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah terhadap keterampilan menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar, maka diperoleh permasalahan umum sebagai berikut: “Bagaimanakah pengaruh media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar? Secara khusus peneliti merinci permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis kalimat sebelum menggunakan media gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar?
2.      Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis kalimat setelah menggunakan media gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar?
3.      Bagaimana pengaruh media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar?

E.                Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis kalimat sebelum menggunakan media gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar.
2.      Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis kalimat setelah menggunakan media gambar fotografik di kelas II Sekolah Dasar.
3.      Untuk mengetahui pengaruh media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekoah Dasar.

F.                 Manfaat Penelitian
1.                  Manfaat Teoritis
Secara teoritis manfaat yang didapat dari hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar adalah menambah wawasan dan pengalaman peneliti dalam menggunakan media yang kreatif dan inovatif.
2.                  Manfaat Praktis
Adapun manfaat penelitian secara praktis adalah sebagai berikut:
a.                  Bagi Guru
Menambah pengetahuan sekaligus memberikan sumbangan pemikiran bagi guru dalam menghadirkan media pembelajaran yang inovatif sehingga dapat memberikan motivasi belajar siswa untuk lebih terampil dalam menulis kalimat.
b.                  Bagi Siswa
Memberikan pengalaman yang berharga dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga memberikan kesan yang berbeda dengan proses pembelajaran sebelumnya. Menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif dan bermakna karena siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan media fotografik memberikan kemudahan kepada siswa dalam menulis kalimat, melatih kemampuan berpikir imajinatif dan kemampuan bernalar siswa.
c.                  Bagi Lembaga
Memberikan sumbangan pengetahuan yang berharga bagi perbaikan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Memberikan motivasi bagi guru untuk meningkatkan budaya meneliti sebagai cara dalam memecahkan permasalahan pembelajaran. 

Selanjutnya Klik Link Di Bawah Ini :
PROPOSAL BAG. 1
PROPOSAL BAG. 2
PROPOSAL BAG. 3
PROPOSAL BAG. 4
PROPOSAL BAG. 5

Tag : PROPOSAL
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Proposal Penggunaan Media Gambar Fotografik Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Di Kelas II Sekolah Dasar Bag. 2"

Back To Top