H.
Kerangka
Penelitian
Keterampilan
dalam merancang dan melakukan proses pembelajaran sangat mutlak diperlukan agar
pembelajaran lebih bervareasi, inofatif, aktif, dan menyenangkan serta lebih
bermakna bagi siswa. Dengan adanya vareasi dalam pembelajaran dapat
membangkitkan motivasi siswa untuk lebih fokus dalam belajar, ruangan kelas
menjadi hangat karena terjadinya proses pembelajaran yang interaktif antara
guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa yang lainya. Kondisi pembelajaran pun
menjadi efektif dan efisien. Penggunaan media gambar fotografik merupakan salah
satu alat yang dapat merangsang rasa ingin tahu siswa sehingga terciptanya
pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran bahasa
Indonesia. Atas pertimbangan tersebut maka peneliti meyakini bahwa media gambar
fotografik dalam pembelajaran akan mampu memberikan kemudahan bagi siswa dalam
menulis kalimat.
I.
Hipotesis
Berdasarkan
kerangka berpikir yang telah dijelaskan sebelumnya, maka hipotesis yang
dikemukakan adalah:
Ho : Tidak
terdapat pengaruh pada hasil belajar dengan menggunakan media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis
kalimat di kelas II Sekolah Dasar.
Hi : Terdapat pengaruh pada hasil belajar dengan
menggunakan media gambar
fotografik dalam pembelajaran menulis kalimat di kelas II Sekolah Dasar.
J.
Metode
Penelitian
Metode penelitian yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu Pre-Eksperimental Design. Jenis desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pada
desain ini nantinya sampel akan diberi test awal (pretest) dan diberi test akhir (posttest)
setelah diberi perlakuan.
Desain
ini dapat digambarkan sebagai berikut:
|
Sumber: Sugiyono (2013, hlm.111)
Keterangan:
O1 :Nilai
tes awal (pretest)
O2 :
Nilai tes akhir (posttest)
X :
Perlakuan dengan menggunakan model SAVI
Tes awal diberikan untuk mengetahui kemampuan
awal siswa dalam kemampuan menulis kalimat, sedangkan tes akhir diberikan untuk
mengetahui kemampuan siswa menulis kalimat setelah diberi perlakuan.
1.
Lokasi dan Subjek Penelitian
a.
Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian berlokasi di SDN 3
Cibanten
Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.
b.
Populasi Penelitian
Dalam
penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas II
SDN 3
Cibanten
yaitu sebanyak 12 orang siswa.
c.
Sampel
Penelitian
Dalam menentukan sampel yang akan digunakan
dalam penelitian ini, adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan teknik sampling yang digunakan maka sampel penelitian adalah semua siswa
kelas II SDN 3 Cibanten yang berjumlah 12 orang.
2.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dan observasi. Data yang
dikumpulkan adalah hasil menulis karangan narasi siswa pada tes awal (pretest) sebelum diberi perlakuan dengan
menggunakan media gambar fotografik dan pada tes akhir (posttest)
setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media gambar fotografik. Observasi dilakukan untuk mengetahui
kualitas penerapan media fotografik dalam proses pembelajaran menulis kalimat.
3.
Instrumen Penelitian
Instrumen
pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah soal tes dan
lembar observasi.
a.
Tes
Soal
tes diberikan kepada siswa sebanyak dua kali, yaitu ketika pretest dan posttest. Pretest diberikan untuk mengetahui
kemampuan awal siswa dalam menulis narasi sebelum mengikuti proses pembelajaran
dengan menggunakan
media gambar fotografik.
Sementara itu, posttest diberikan
untuk mengetahui kemampuan akhir siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan
media gambar fotografik.
b.
Lembar
Observasi
Lembar
observasi berisi penilaian terhadap proses pembelajaran pada penelitian.
Observasi dilakukan untuk menganalisis keefektifan proses pembelajaran dengan
menggunakan media gambar fotografik. Lembar observasi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah
lembar observasi guru dalam menggunakan media gambar fotografik dalam pembelajaran menulis
kalimat. Lembar observasi yang penulis gunakan adalah
pedoman APKG.
K.
Daftar
Pustaka
Abidin, Y. 2013.
Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan
karakter. Bandung: Refika Aditama
Alwi, H, dkk.
2003. Tata bahasa buku bahasa indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka
Arsyad, A. 2013.
Media pembelajaran. Jakarta:
Rajagrafindo Persada
Aqib, Z. 2014. Model-mode, media, dan strategi pembelajaran
(inofatif). Bandung: Yarma Widya
Cahyani, I &
Rosmana, I. 2006. Pendidikan bahasa
indonesia. Bandung: UPI Press
Dananjaya, U.
2013. Media pembelajaran aktif.
Bandung: Nuansa Cendekia
Daryanto. 2012. Media pembelajaran. Bandung: Sarana
Tutorial Nurani Sejahtera
Hermawan, dkk.
2007. Media pembelajaran SD. Bandung:
UPI Press
Indriana, D.
2011. Ragam alat bantu media pembelajaran.
Jogjakarta: Diva Press
Kemendikbud. (2013). Kurikulum
2013. Jakarta: BNSP.
Kurniasih, I.
2012. Penggunaan metode demonstrasi untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam
menggambar bangun datar persegi. (Skripsi). Sekolah sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia,
Tasikmalaya
Mendiknas RI. (2006). Kurikulum 2006 permendiknas RI no.22 tahun 2006 tentang standar isi
untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Media Makmur Maju
Mandiri.
Resmini, N &
Juanda, D. 2007. Pendidikan bahasa dan
sastra di kelas tinggi. Bandung:
UPI Press
Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung:
Alfabeta
Tarigan, H.
2008. Menulis sebagai suatu keterampilan
berbahasa. Bandung: Angkasa
Bandung
Zulkifli. 2006. Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja
Posdakarya
Selanjutnya Klik Link Di Bawah Ini :
PROPOSAL BAG. 1
PROPOSAL BAG. 2
PROPOSAL BAG. 3
PROPOSAL BAG. 4
PROPOSAL BAG. 5
Selanjutnya Klik Link Di Bawah Ini :
PROPOSAL BAG. 1
PROPOSAL BAG. 2
PROPOSAL BAG. 3
PROPOSAL BAG. 4
PROPOSAL BAG. 5
Tag :
PROPOSAL
0 Komentar untuk "Contoh Proposal Penggunaan Media Gambar Fotografik Dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Di Kelas II Sekolah Dasar Bag. 5"