Blog Dunia Pendidikan

Contoh Makalah Bahasa Indonesia tentang Peran Orang Tua Dalam Mendidik Dan Mewujudkan Karakter Anak [Bab I]

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan "proses interaksi antara pendidik dengan  peserta didik yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang telah dirumuskan. Oleh sebab itu tentunya pendidikan harus terus ditingkatkan terutama melalui kedua komponen pendidikan  tersebut, khususnya guru karena gurulah yang bertugas sebagai pendidik yang akan mengantarkan peserta didiknya kearah yang lebih baik sehingga dapat menjadi manusia yang berkualitas, dapat bertanggung jawab pada dirinya sendiri maupun pada bangsa dan negara. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa beraklak mulia, sehat kreatif, amandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
 Dari tujuan pendidikan nasional diatas dan hubungannya dengan tujuan pendidikan nasional memiliki sebuah hubungan yang sangat erat. Hal ini dapat kita lihat bahwa orang yang dewasa yang akan mengantarkan anak menuju kedewasaannya baik kedewasaan dari segi koognitif, afektif maupun psiko motorik. Oleh karena itu peran orang tua disini memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa baik dari segi positif ataupun dari segi negatif. Karena  bersama orang tuanyalah anak banyak menghabiskan waktunya dan bersama orang tua pula anak nendapat pelajaran. Hal ini sesuai dengan sabda nabi:
Artinya: Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci) maka orang tua nyalah yang menjadikannya sebagai yahudi, nasrani atau majusi”
Dari hadits diatas dapatlah kita pahami bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak didik tergantung kepada otang tua apakah dia akan membentuk anaknya menjadi orang baik ataupun dia membiarkan anaknya menjadi orang yang tidak baik.  Dengan demikian pengambilan judul “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Dan Membentuk Karakter Anak” dalam makalah ini dianggap tepat.

B.     Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah  ini adalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari Pendidikan?
2.      Bagimana Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak?
3.      Bagaiman Peran Orang Tua dalam Mewujudkan Kepribadian Anak?

C.    Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah adalah :
1.      Mahami dana mengetahui pengertian dari pendidikan
2.      Memahami Bagimana Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak
3.      Memahami Peran Orang Tua dalam Mewujudkan Kepribadian Anak

D.    Manfaat Penulisan
Makalah ini  diharapkan dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan wawasan berpikir yang berharga, baik secara teoritis maupun praktek, dapat memberi informasi dan saran bagi semua pihak
E.     Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam makalah ini adalah mengambil sumber dari buku dan browaing internet.


Baca Juga :
Contoh Makalah Bahasa Indonesia tentang Peran Orang Tua  Dalam Mendidik Dan Mewujudkan Karakter Anak
Cover
Daftar Isi
Kata Pengantar
Bab I
Bab II
Bab III
Daftar Pustaka
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Contoh Makalah Bahasa Indonesia tentang Peran Orang Tua Dalam Mendidik Dan Mewujudkan Karakter Anak [Bab I]"

Back To Top